Jadi Anggota OPEC, RI Siap Jadi Pengambil Kebijakan

Annisa ayu artanti    •    04 Desember 2015 17:09 WIB
opec
Jadi Anggota OPEC, RI Siap Jadi Pengambil Kebijakan
OPEC. (AFP PHOTO/ALEXANDER KLEIN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masuknya Indonesia menjadi anggota aktif Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) per 5 Desember 2015 membuat keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Salah satunya adalah Indonesia akan menjadi pengambil keputusan dalam perkembangan minyak dunia.

Perwakilan OPEC untuk Indonesia, Widyawan Wiratmaja mengatakan semenjak keluar dari OPEC pada 28 Mei 2008 dengan status suspensi, Indonesia hanya bisa menerima kebijakan-kebijakan yang diputuskan pada rapat OPEC terkait kondisi minyak dunia terkini.

"Indonesia akan mendapatkan manfaat dari keberadaannya di tengah-tengah organisasi energi global yang penting. Indonesia akan menjadi bagian dari pengambilan keputusan bukan penerima akibat dari keputusan," kata Widyawan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Widyawan menjelaskan, Indonesia juga akan mendapatkan keuntungan lain dari segi dari pergaulan atau jaringan sektor energi internasional, yakni seperti akses penelitian dan juga teknologi.

"Pergaulan atau jaringan energi internasional membuka pintu yang luas untuk percepatan alih teknologi, kesempatan bisnis yang saling menguntungkan, akses pada penelitian dan pengembangan terkini," jelas dia.

Serta, lanjut Widyawan, memberi kesempatan bagi putera-puteri terbaik Indonesia berkiprah lebih luas di organisasi energi global. Selain itu dengan masuknya Indonesia dalam OPEC ini juga akan membuat Indonesia lebih mudah memastikan kebutuhan energi nasional terjaga.

"Kembali mengaktifkan keanggotaannya di OPEC mulai 2016 dengan tujuan memastikan kepentingan nasional Indonesia terjaga," tutup dia.


(AHL)

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

1 hour Ago

Ronaldo dan Kane sama-sama mencetak 43 gol sepanjang 2017. Siapakah yang lebih tajam di antara …

BERITA LAINNYA
Video /