Review Mouse

Razer Mamba Chroma, Mouse Kelas Elit Terbaru dari Razer

Mohammad Mamduh    •    04 Desember 2015 17:36 WIB
review peripheral
Razer Mamba Chroma, Mouse Kelas Elit Terbaru dari Razer
Razer Mamba Chroma

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk varian tertinggi dalam kategori mouse, produsen perangkat gaming Razer mempunyai Mamba, mouse nirkabel dengan fitur terlengkap dan performa tertinggi yang pernah mereka ciptakan.

Di tahun 2015 ini, Razer membubuhkan fitur Chroma dalam setiap produk mouse mereka, tak terkecuali Mamba. Sama seperti varian lain, Razer Mamba Chroma juga menyematkan pencahayaan LED di bagian pinggirannya, seperti versi turnamen mouse ini.



Razer Mamba Chroma adalah mouse gaming nirkabel, yang artinya membutuhkan penangkap sinyal sekaligus tempat pengisi baterai. Mamba Chroma tidak mempunyai perbedaan secara umum dari segi desainnya dengan Mamba Chroma TE, yaitu bodi yang dibalut dengan material plastik hitam, dan dilengkapi dengan 9 tombol utama. Mouse gaming pada umumnya menyediakan 7 tombol standar, dan Mamba Chroma memiliki dua tombol tambahan yang terletak di tombol scroll.

Razer Mamba Chroma sebenarnya memiliki satu tombol khusus bernama Click Force. Tombol scroll bisa ditekan lebih dalam untuk fungsi tambahan. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur tekanan pada klik kiri dan klik kanan. Fitur ini didukung oleh mekanisme semacam baut yang terpasang di sisi bawah.  

Mekanisme ini berguna untuk mengatur gaya tekan pada game-game tertentu, terutama jika Anda membutuhkan respon yang lebih cepat.

Dengan kata lain, Razer Mamba Chroma dapat digunakan untuk memainkan semua jenis game, mulai dari game FPS seperti Counter Strike: Global Offensive dan Star Wars Battlefront, sampai game MOBA seperti DOTA 2 dan League of Legends. Untuk game MMORPG pun, mouse ini juga masih sanggup menyimpan beberapa fungsi tombol makro.



Beralih ke kustomisasi, Razer Mamba Chroma menyediakan dua tombol pengatur DPI, maksimum hingga 16000 DPI. Waktu respon 1 ms detik dan sensor 5G membuat mouse ini mematahkan pakem bahwa mouse nirkabel memiliki kecepatan input perintah yang lebih rendah ketimbang mouse yang memakai kabel.

Satu kekhawatiran saya dari mouse gaming wireless adalah daya baterai, dan saya akui, Razer Mamba Chroma memiliki waktu pakai yang cukup lama. Penggunaan lampu LED terkesan tidak membuat baterai cepat habis, saya mencoba menggunakannya untuk bermain CS:GO selama 12 jam, dan mouse ini masih mempunyai daya sekitar 40 persen.



Terkait fitur Click Force, saya bisa merasakan perbedaan gaya tekan pada kedua tombol klik kiri dan klik kanan. Kelebihannya, Click Force menggunakan dua mekanisme terpisah, masing-masing untuk tombol klik kiri dan klik kanan. Ini memungkinkan gamer mengatur gaya tekan yang berbeda pada kedua tombol. Ukuran, bentuk, dan bobot yang proporsional juga menjadi faktor berikutnya yang membuat mouse ini cukup ergonomis.

Satu kekurangan yang menurut saya cukup mengganjal jika Anda adalah seorang all-round gamer, Razer Mamba Chorma tidak memiliki pengaturan bobot. Alasannya jelas, ruang untuk komponen dalam sudah terisi dengan baterai. Namun, jika Anda penggemar mouse gaming Razer, Razer Mamba Chroma wajib dimiliki.

 

Razer Mamba Chroma

 

8.2

  • Pengaturan akurasi lengkap dan luas
  • Daya tahan baterai cukup lama
  • Fitur Click Force
  • Material kurang kokoh
  • Tidak ada pengaturan spesial untuk bobot fisik



(MMI)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

6 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /