BPBD Jatim: Gunung Bromo Berstatus Siaga

Amaluddin, Miski    •    04 Desember 2015 18:06 WIB
gunung berapi
BPBD Jatim: Gunung Bromo Berstatus Siaga
Ilustrasi. Foto: Antara/Amarul

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur melarang pendaki mendekati Gunung Bromo di radius 2,5 kilometer dari pusat kawah Gunung Bromo. Pasalnya, status gunung tersebut sudah ditingkatkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak pukul 14.00 WIB, Kamis, 4 Desember.

"Ini seperti yang dianjurkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi kepada kami kalau ada peningkatan aktivitas di Gunung Bromo sejak hari ini," kata Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan, saat dihubungi.

Peningkatan status ini membuat BPBD Jatim memetakan Kawasan Rawan Bencana (KRB). Antara lain, enam kilometer dari kawah Gunung Bromo sebagai KRB 1. Adapun KRB 2 berada di radius 12,5 kilometer dari kawah. "Ini karena radius 2,5 kilometer tidak ada rumah penduduk hanya lautan pasir dan savana maka kami membuat KRB I dan KRB II," katanya.

Meski demikian, Dharmawan mengimbau masyarakat agar tidak panik. Sebab, status Gunung Bromo masih siaga dengan radius terlarang 2,5 kilometer dari kawah. "Meski belum perlu evakuasi, harus tetap diwaspadai," ujarnya.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi mengumumkan status Gunung Bromo menjadi siaga. Oleh karena itu, TNBTS menutup caldera dari semua aktivitas wisata maupun pendakian.

Akan tetapi, wisatawan dapat menikmati matahari terbit dari Gunung Penanjakan, Bukit Setya, dan Bukit Cinta. "Sementara untuk pintu masuk ke arah Gunung Bromo yang dibuka adalah dari arah Wonokitri, Kabupaten Pasuruan," kata Ayu saat dihubungi Metrotvnews.com.

Pihaknya belum dapat memastikan kapan status Bromo bisa normal lagi. Ia mengimbau semua masyarakat yang ingin berkunjung ke Gunung Bromo agar mematuhi larangan ini sampai adanya laporan resmi dari petugas.

"Beberapa bulan terakhir status Gunung Bromo naik turun, kami harap masyarakat mengerti kondisi ini. Penutupan sementara dilakukan demi keamanan wisatawan," kata dia.


(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

5 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /