Sutiyoso Menilai MKD Mulai tak Seimbang

Intan fauzi    •    04 Desember 2015 22:53 WIB
pencatut nama presiden
Sutiyoso Menilai MKD Mulai tak Seimbang
Kepala BIN Sutiyoso bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/9). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menilai Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mulai tidak seimbang dalam menyelesaikan pelanggaran kode etik yang diduga dilakukan Ketua DPR RI Setya Novanto. Menurut dia, sikap MKD mulai melenceng.

"Mulai mengarahkan, awalnya relevan. Tapi kok mulai aneh, saya rasa bukan saya saja yang merasa seperti itu," kata Sutiyoso di Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, Jumat (4/12/2015).

Lebih jauh Sutiyoso menuturkan, MKD terlalu menyudutkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sebagai pelapor. "Menurut saya jangan memberi kesan pelapor itu pelaku," lanjut dia.

Sutiyoso berharap MKD bekerja berdasarkan marwahnya. Sebab, suara rakyat juga perlu didengar. "Kalau sebaliknya (tak sesuai tugasnya) masyarakat tidak akan puas," pungkas dia.

MKD telah menggelar sidang pelanggar etik yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto selama dua hari terakhir. MKD menghadirkan Menteri ESDM Sudirman Said selaku pelapor terkait dugaan pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan Setya Novanto untuk memuluskan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

Sudirman membawa bukti berupa rekaman pembicaraan antara Setya Novanto, pengusaha Muhammad Riza Chalid, dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Percakapan itu pun diperdengarkan di dalam sidang MKD.

MKD bahkan memanggil Maroef Sjamsoeddin sebagai saksi. Maroef yang berinisiatif untuk merekam percakapan tiga tokoh itu dianggap menjadi kunci kasus ini. Namun, alih-alih memperlakukan sebagai saksi, sebagian anggota MKD dinilai menyudutkan Maroef dan Sudirman.


(OGI)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /