Pemprov Riau Ultimatum Kongres HMI Harus Selesai Besok

Fitra Asrirama    •    04 Desember 2015 23:01 WIB
bentrok mahasiswa
Pemprov Riau Ultimatum Kongres HMI Harus Selesai Besok
Foto: Senjata api rakitan yang ditemukan dalam razia peserta Kongres ke-29 HMI di GOR Remaja, Pekanbaru, Riau/Metro TV_Fitra Asrirama

Metrotvnews.com, Riau: Kongres ke-29 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Pekanbaru, Riau, belum juga berakhir. Padahal berdasarkan jadwal, kongres seharusnya berlangsung mulai 22 hingga 26 November.
 
Molornya penyelenggaraan agenda nasional ini berbuntut panjang karena menimbulkan gangguan keamanan. Puluhan peserta kongres kembali terlibat bentrok dalam sidang di Gelanggang Remaja, Jumat, 4 Desember. Aksi saling lempar batu pun terjadi di kawasan arena olahraga tersebut.

Sebelumnya, Polda Riau menetapkan delapan mahasiswa HMI sebagai tersangka terkait kepemilikan senjata ilegal. Mereka membawa pistol rakitan, samurai dan panah beracun saat kongres berlangsung. Massa HMI juga merusak fasilitas umum, seperti kaca jendela, pot bunga dan halte bus di sekitar Gelanggang Remaja. 

Kepala Polresta Pekanbaru Kombes Pol Aries Syarief Hidayat menyatakan aksi anarkistis ini tidak bisa ditoleransi lagi. Berdasarkan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau dengan panitia Kongres HMI, disepakati sidang harus tuntas pada Sabtu, 5 Desember, pukul 12.00 WIB.

"Kita sudah beri kemudahan, besok harus selesai. Kalau tidak juga, kita serahkan ke panitia, bisa dipindahkan atau cari ketentuan yang berlaku," kata Aries.

Rapat Forkopimda dihadiri Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Komandan Korem 031 Wirabima Brigjen Nurendi, dan pejabat kepolisian serta panitia Kongres HMI.

Arsyadjuliandi mengharapkan Kongres ke-29 HMI selesai sebelum masa tenang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, pada Senin, 6 Desember. Tujuannya agar kondisi keamanan di daerah stabil sehingga warga bisa menggunakan hak suaranya dengan lancar. Apalagi sebagian anggota polisi yang mengamankan kongres harus mengawal pelaksanaan pilkada di berbagai daerah.

"Mudah-mudahan selesai secepatnya. Kalau belum juga, panitia akan kita panggil," ujar Arsyadjuliandi. 

Mengenai kerusakan fasilitas umum di sekitar arena kongres, panitia dan Pemprov Riau sedang menginventarisasi. "Nanti akan dibicarakan masalah ini. Sedang diteliti," ujar politisi Partai Golkar ini.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

21 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /