Pilkada Surabaya 2015

Tim Risma-Whisnu Terapkan 5 Pengamanan Berlapis

Amaluddin    •    04 Desember 2015 23:10 WIB
pilkada serentak
Tim Risma-Whisnu Terapkan 5 Pengamanan Berlapis
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Tim Kampanye Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana mengantisipasi potensi kecurangan pemilihan kepala daerah Kota Surabaya. Menjelang lima hari coblosan pilkada, tim kampanye pasangan petahana ini menyiapkan pengamanan berlapis.

"Ada lima langkah pengamanan suara yang akan kami lakukan pada 9 Desember nanti," kata Jubir Tim Kampanye Risma-Whisnu, Didik Prasetiyono, dihubungi, Jumat (4/12/2015).

Pertama, pengamanan suara sejak di dalam TPS. Saksi dilatih agar memahami aturan pemungutan dan penghitungan suara suara. Kedua, melakukan sistem penghitungan real count dengan tabulasi mandiri dari form C1-KWK yang distribusinya langsung dilakukan saksi seusai penghitungan suara kepada koordinator kelurahan dan kecamatan. 

"Sehingga Tim Risma-Whisnu tingkat kota mendapatkan detail penghitugan detail tiap TPS guna menjadi perbandingan penghitungan KPU," kata dia.

Ketiga, penugasan pengawasan TPS dan rekap PPK dengan saksi luar yang terdiri dari relawan-relawan untuk membantu saksi mandat dalam melaksanakan tugasnya. Saksi luar ini, jelas Didik, juga bertugas memantau bila ada pembagian politik uang di luar TPS dan segera melaporkannya ke panwas lapangan.

"Keempat, selain real count, kami juga melakukan quick count, dengan metodologi yang terukur. Akan diambil sampling suara di 600 TPS terpilih. Dengan penghitungan cepat ini, pada hari-H coblosan pukul 16.00 WIB, kita sudah mengetahui hasil pilkada Surabaya," kata Didik.

Pengamanan berlapis ini, jelas dia, untuk mengamankan kemenangan Risma-Whisnu dari potensi kecurangan pilkada yang mungkin terjadi. Total tim Risma-Whisnu menurunkan 5.000 saksi yang ditempatkan di setiap TPS.

Pilkada Kota Surabaya akan diikuti 2.034.307 pemilih seusai daftar pemilih tetap. Jumlah TPS sebanyak 3.936 tempat. "Ini merupakan jumlah DPT dan TPS terbanyak dalam pilkada tingkat kota/kabupaten di Indonesia," kata dia.


(UWA)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

8 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /