Yorrys Pede Novanto tak Lengser dari Jabatan Ketua DPR

Intan fauzi    •    05 Desember 2015 07:58 WIB
setya novanto
Yorrys <i>Pede</i> Novanto tak Lengser dari Jabatan Ketua DPR
Politikus Golkar Yorrys Raweyai di pernikahan anak Ketua DPR Setya Novanto. MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Politikus Golkar Yorrys Raweyai hakul yakin koleganya separtainya, Setya Novanto, tidak akan lengser dari jabatannya sebagai ketua DPR RI. Dia menilai hal itu dinilai sulit terjadi.

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) diketahui sedang mendalami dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo yang dilakukan Novanto. Namun, Yorrys menjelaskan, MKD hanya berwenang untuk menjaga lembaga DPR dan anggotanya dalam hal kode etik.

"MKD berfungsi memproteksi anggota dengan aturan yang ada untuk menjaga wibawa lembaga dan orang-orangnya hanya menyangkut etika tidak ke ranah pidana," kata Yorrys di Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, Jumat (4/12/2015).

Menurut dia, hal ini juga menyangkut Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Regulasi itu mengatur soal mekanisme pemilihan pimpinan DPR yang tidak gampang. 

"Karena kalau kita lihat UU MD3 tentang mekanisne pemilihan pimpinan Dewan susah, kecuali ada keinginan dari seluruh fraksi atas keinginan itu dan kecuali ada ketetapan hukum jelas," jelas Yorrys.

Namun Yorrys menambahkan, Partai Golkar tetap berkomitmen untuk membantu pemerintah melawan kejahatan politik maupun korupsi. "Mengenai Novanto, Golkar setia kawan, sejak paska reformasi dalam rangka bersama pemerintah (Golkar juga komitmen) memberantas masalah kejahatan terutama korupsi," pungkas dia.


(OGI)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

15 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /