Ini yang Membuat Kahitna Awet Selama 30 Tahun

Agustinus Shindu Alpito    •    05 Desember 2015 09:52 WIB
musik indonesia
Ini yang Membuat Kahitna Awet Selama 30 Tahun
Kahitna (Foto:MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun 2016, grup musik Kahitna akan memasuki usia 30 tahun. Tentu sebuah pengalaman yang luar biasa bagi sebuah grup musik untuk esksi di industri musik selama tiga dekade.

Tak hanya sekedar eksis, Kahitna terbilang sukses menjaga kesolidan grup. Sebuah fenomena yang langka di dunia musik.

Menurut Yovie Widianto, cinta yang besar di antara para personel Kahitna dalam bermusik, dan dukungan orang-orang di sekitar mereka adalah kunci bertahan sejauh ini.

“Kalau Kahitna bisa langgeng 30 tahun, tentu saja saya bersyukur diberikan teman-teman yang begitu mencintai saya dan musikalitas saya,” kata Yovie saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2015).

"Ke mana saya bemusik, mereka tidak perlu lama menyesuaikan. Bukan karena saya hebat, tapi teman-teman saya hebat karena begitu mencintai saya, dan kahitana jadi tempat terbaik untuk mereka bermusik.”

Yovie lantas mengenang masa-masa sulit yang sempat dialami grup penghasil hit-hit cinta itu.

“Masalah terbesar waktu umur Kahitna 15 tahun, egonya tinggi. Kami orang urban dari Bandung ke Jakarta. Ada bujukan solo karier para personel. Kalau saya membebaskan, saya enggak pernah larang mereka solo karier, tapi sampai sekarang, coba tanya ke Hedi Yunus, Hedi meyakini bisa lebih sayang Kahitna daripada proyek solonya,” jelas Yovie.

Dari segi konten musik, Yovie juga menjelaskan bahwa lagu-lagu cinta Kahitna mampu tetap eksis meski lintas generasi, tidak lepas dari konten lirik yang diusung. Kahitna memiliki formula membuat lirik dengan bahasa sehari-hari, namun dengan analogi yang unik untuk mewakili keseluruhan lagu.

"Waktu Kahitna lahir, liriknya dibilang biasa tapi ada kata-kata ungkapan untuk mewakili satu lagu, misal lirik, 'Meski mentari terbit di Utara,' Kahitna punya kebetulan di lirik," tutup Yovie.

ASA


Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /