Universitas di Meksiko Transfer Teknologi Pengembangan Udang RI

Fajar Nugraha    •    05 Desember 2015 10:19 WIB
indonesia-meksiko
Universitas di Meksiko Transfer Teknologi Pengembangan Udang RI
Panen udang Ujat dan ITB (Foto: Dok.KBRI Meksiko)

Metrotvnews.com, Meksiko City: Universidad Juárez Autónoma de Tabasco (UJAT) berhasil melakukan transfer teknologi pengembangbiakan udang dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hasilnya pun cukup menggembirakan. Hal ini tampak dari panen primer udang pigua di ranch San Fransisco Tabasco, Meksiko pada 29 November 2015. Panen tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian bersama antara UJAT dan ITB, serta beberapa universitas dari Brasil, India dan Israel.

Penelitian pengembangbiakkan udang ini telah dilakukan sejak enam tahun lalu  oleh tim peneliti UJAT yang dipimpin dosen peneliti UJAT dari Indonesia, Dr. Jeane Rimber Indy. Menurut Dr. Jeane, udang pigua merupakan jenis yang sangat langka di Meksiko dan memiliki nilai komersial yang sangat tinggi di Amerika, yaitu sekitar MXN 1.000 pesos atau setara USD70 per kilogramnya.

"Kami sangat mengapresiasi kesediaan Indonesia dan negara lainnya untuk berbagi pengetahuan dan teknologi dengan UJAT. Panen udang ini merupakan hasil transfer teknologi yang efektif dan efisien untuk mempertahankan spesies udang tersebut yang hampir punah di Tabasco dan Meksiko," demikian disampaikan Rektor UJAT Dr. José Manuel Piña Gutiérrez, dalam keterangan tertulis KBRI Meksiko, yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (5/12/2015).

Sementara perwakilan KBRI Mexico City Juriani Nurhayati menyampaikan, "Kegiatan ini merefleksikan hasil kerja sama konkret antara kalangan akademisi Indonesia dan Meksiko, dan menjadi salah satu contoh keberhasilan warga negara Indonesia di luar negeri yang memimpin tim peneliti dari berbagai negara".

Sebelumnya, Dubes Indonesia untuk Meksiko Yusra Khan meminta UJAT dan ITB dapat menggali peluang lebih jauh untuk melakukan kerja sama riset yang juga melibatkan pemerintah dan masyarakat setempat.

Dubes Yusra kembali mengimbau agar kedua perguruan tinggi dapat mengidentifikasi program atau proyek baru yang menguntungkan bagi kedua pihak dan juga untuk Indonesia dan Meksiko.


(FJR)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /