Akademi Komunitas Lahirkan Anak Bangsa Berkualitas dan Mandiri

Renatha Swasty    •    05 Desember 2015 21:03 WIB
sekolah jauh
Akademi Komunitas Lahirkan Anak Bangsa Berkualitas dan Mandiri
Menyapa negeriku di Kampung Teluk Alulu, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Foto: MTVN./ Renatha Swasty.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dibangunnya Akademi Komunitas Prapatan yang terletak di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur telah menarik ratusan anak-anak Berau untuk mendapatkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan adanya pendidikan komunitas, diharapkan anak-anak Berau mampu mengembangkan potensi daerah yang ada.

Akademi Komunitas Prapatan baru dibuka pada tahun 2013, tapi kini sudah meluluskan 35 orang dan masih mendidik 258 orang. Akademi ini setingkat dengan D2, dengan masa belajar dua tahun.

Pengajar wirausaha di Akademi Komunitas Prapatan, Ayu Mustafa mengatakan, akademi sengaja dibangun untuk menggerakan anak-anak daerah yang tidak bisa bersekolah jauh. Dengan begitu, mereka tetap mendapatkan pendidikan dan dapat menghasilkan sesuatu.

"Karena di sini mereka tidak dituntut hanya untuk bisa kerja saja, tapi juga bisa mandiri. Memanfaatkan yang ada," ujar Ayu saat berbincang dengan Metrotvnews.com di Akademi Komunitas Prapatan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Sabtu (5/12/2015).

Ayu menjelaskan, saat ini ada dua program studi di Akademi Komunitas Prapatan, yakni produksi tanaman perkebunan konsentrasi Kelapa Sawit dan Manajemen informatika. Mahasiswa, diajar langsung oleh dosen maupun tenaga pengajar dari Politeknik Jember.

Direktur Jenderal Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron, mengatakan Akademi Komunitas sangat penting untuk dikembangkan. Selain meningkatkan pendidikan anak-anak daerah, akademi juga menciptakan bibit mandiri.

"Karena maaf-maaf saja, sekarang banyak sarjana hanya tahu teoritisnya saja, suruh praktik enggak bisa," pungkas Ali.

 


(DEN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /