Lagi, Pemain Asing Salomon Begondo Meninggal saat Menanti Gaji

   •    29 November 2013 23:46 WIB
Lagi, Pemain Asing Salomon Begondo Meninggal saat Menanti Gaji
Twitter/vg

Metrotvnews.com, Jakarta: Karut-marut persepakbolaan di Indonesia lagi-lagi menelan korban jiwa.

Salah satu pemain asing yang berkiprah di Liga Indonesia, Salomon Begondo, menghembuskan napas terakhirnya, Jumat (29/11) sore. Hingga akhir, perjuangannya menuntut gaji yang belum dibayarkan, tidaklah terpenuhi.

Kabar meninggalnya Salomon dikonfirmasi oleh Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Melalui akun twitter resminya, APPI berkicau, "Menurut keterangan yang APPI terima, Salomon meninggal saat menderita sakit dan tidak mampu membayar biaya berobat."

Kabar dari rekan Salomon, Camara Abdoulaye, Salomon meninggal dunia di sebuah rumah sakit (RS) di daerah Bumi Serpong Damai (BSD). Kondisi Salomon memang sudah memburuk dalam beberapa hari terakhir. Dia muntah-muntah lalu dibawa ke rumah sakit.

"Namun karena tidak memiliki uang, Salomon tidak dirawat di rumah sakit dan memilih pulang," terang Merdiansyah Staf Legal APPI.

Semasa hidupnya, Salomon sempat menjadi striker untuk PSIS Semarang dan Persipro Probolinggo. Namun ketika bermain untuk Persipro, bersama Camara dan Sylla Mbamba dua pemain lainnya, Salomon justru harus mengemis di jalan protokol Probolinggo lantaran gaji mereka tidak dibayar oleh klub yang mengontraknya.

Tiga pemain sepak bola yang senasib mengemis karena tidak digaji berbulan-bulan itu sempat menghebohkan pemberitaan sejak Mei tahun lalu.

Sebagai catatan, Salomon Begondo bukanlah pemain asing pertama di dunia sepak bola Indonesia yang meninggal setelah hidupnya terkatung-katung tanpa dibayar gajinya. Pada 28 Kuli 2013 lalu, Sekou Camara dari klub Pelita Bandung Raya meninggal menanti gajinya dibayarkan. Lalu ada pula Diego Mendieta pemain klub Persis Solo yang meninggal 4 Desember 2012 silam.

Tanpa adanya pembenahan, bukan tidak mungkin kelak akan ada lagi 'Salomon-Salomon' lain yang mati menanti gaji. Inilah potret dunia sepak bola Tanah Air, penuh coreng di sana-sini. (Hera Khaerani)


Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

14 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /