Kesenjangan Indonesia Paling Tinggi di Asia

Arif Wicaksono    •    06 Desember 2015 13:58 WIB
kesenjangan sosial
Kesenjangan Indonesia Paling Tinggi di Asia
kesenjangan sosial. MI/ BARY FATHAHILAH.

Metrotvnews.com, Jakarta: Alianz Wealth Report 2015 melaporkan distribusi kekayaan di sejumlah negara. Laporan ini menggunakan koefisien gini untuk mengukur besarnya kesenjangan sosial di suatu negara.

Salah satu hal menarik yang dipaparkan dalam laporan ini adalah Koefisien Gini untuk Indonesia adalah sebesar 73,6 dan merupakan yang tertinggi di Asia.

"Tingkat koefisien gini indonesia diatas rata-rata sejumlah negara di Asia memiliki rata-rata Koefisien Gini sebesar 62,7 bahkan jauh diatas dunia yang memiliki rata-rata Koefisien Gini sebesar 63,8," kata laporan tersebut sebagaimana dikutip Metrotvnews.com, Jakarta, Minggu (6/12/2015).

Berada di bawah Indonesia secara berturut-turut adalah Malaysia (69,6), Thailand (67,4) dan India (65,5). Sedangkan Tiongkok menjadi negara Asia yang memiliki Koefisien Gini terbaik (52,2) disusul oleh Korea Selatan (53,4).

Indikator ini menyimpulkan bahwa Indonesia memerlukan adanya perubahan substansial dan struktural serta terus mengoptimalkan pertumbuhan untuk memperbaiki distribusi kekayaan di antara penduduknya.

 


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /