Ketua KPU: Jangan Harap Ada Goal Kedua

Githa Farahdina    •    06 Desember 2015 15:44 WIB
pilkada serentak
Ketua KPU: Jangan Harap Ada <i>Goal</i> Kedua
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memaparkan persiapan akhir dan proses Pilkada serentak 9 Desember 2015. Ketua KPU Husni Kamil Manik kembali mengingatkan hal-hal baru dalam Pilkada serentak 2015.

"Pilkada serentak dilaksanakan satu kali putaran. Jadi jangan harap ada goal kedua," kata Husni dalam paparannya di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (6/12/2015).

Selain itu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) tak akan melakukan penghitungan suara. Rekomendasi DPP dalam pencalonan pun diterapkan dalam Pilkada kali ini.

Satu hal yang menjadi sorotan adalah hanya ada satu pasangan calon di beberapa daerah tertentu. Ini pun sudah diatur dalam perundang-undangan.

"Pilkada dapat dilaksanakan dengan satu pasangan calon," tambah Husni.

Ada pula legal standing pemantau sebagai pihak yang dapat mengajukan gugatan pada Pilkada dengan satu pasangan calon. Di luar itu, Husni mengingatkan, KPU tak hanya sebagai penyelenggara yang harus melakukan segala hal dalam pelaksanaan Pilkada. Kini, ada pengawas TPS yang bekerja di tiap-tiap daerah.

"Jadi jangan ada anggapan KPU semuanya. Ada tim pengawas di masing-masing TPS ketika penghitungan suara," tambah dia.

Terakhir, alat peraga kampanye dibiayai oleh negara. Biaya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


(OJE)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

23 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /