Ketua Bawaslu: Persiapan Pilkada Serentak Nyaris 100 Persen

Suci Sedya Utami, Githa Farahdina    •    06 Desember 2015 16:40 WIB
pilkada serentak
Ketua Bawaslu: Persiapan Pilkada Serentak Nyaris 100 Persen
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengklaim persiapan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember nyaris sempurna. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu RI Muhammad usai menghadiri acara Rock the Vote Indonesia yang digelar Bawaslu bersama Centre for Election and Political Party (CEPP) Fisip Universitas Indonesia.

"Persiapannya nyaris 100 persen," kata Muhammad di Aula Terapung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat Minggu (6/12/2015).

Muhammad juga mengaku pihaknya siap mengawasi 269 titik di mana Pilkada serentak digelar. Saat Pilkada digelar, tambah Muhammad, Bawaslu akan mengirimkan personel ke semua tempat pemungutan suara (TPS).

"Pengawas diterjunkan di setiap titik TPS di negeri ini. Sebab dulu banyak TPS yang tidak ada pengawasnya," tambah Muhammad.

Persiapan matang dan diterjunkannya personel di masing-masing TPS seluruh Indonesia diharapkan bisa menunjukkan keseriusan Bawaslu pada Pilkada tahun ini. Muhammad juga berharap kepercayaan publik bisa terbangun dan masyarakat mau ikut mengawasi mulai jalannya pencoblosan, penghitungan suara hingga hasil penghitungan suara kembali ke KPU untuk disahkan.

"Kita harap semua menghargai proses ini, memberikan kepercayaan pada penyelenggara agar melakukan dengan baik," ujar dia.

Tak hanya Bawaslu, di kesempatan berbeda Kementerian Dalam Negeri pun menyatakan siap menyelenggarakan Pilkada serentak. Persoalan anggaran penyelenggaraan yang awalnya rumit saat ini sudah bisa diatasi.

"Semua sudah mencukupi. Terima kasih KPU dan Bawaslu untuk bersikap keras agar tidak perlu ada nego-nego lagi dengan Pemda," kata Tjahjo dalam rapat koordinasi di Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (6/12/2015).


(OJE)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /