Tips & Trik

Cara Menghapus Semua Data dari Perangkat iOS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    07 Desember 2015 08:18 WIB
tips & trik
Cara Menghapus Semua Data dari Perangkat iOS
Ada dua cara untuk menghapus data dari iPhone. (Drippler)

Metrotvnews.com: Jika Anda ingin menjual kembali gadget berbasis iOS milik Anda, baik iPad, iPhone atau iPod Touch, sebaiknya Anda memastikan konten yang ada dalam gadget tersebut, seperti pesan, gambar dan video, telah dihapus seluruhnya. Berikut tipsnya yang kami kutip dari drippler.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menghapus data yang ada pada perangkat adalah membuat back-up data. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan iTunes atau iCloud.

Ada dua cara untuk menghapus data yang ada pada perangkat iOS Anda. Cara pertama adalah menggunakan iTunes, dan cara kedua adalah menghapus data secara langsung dari perangkat Anda.

Untuk menghapus data melalui iTunes, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan fitur Find My iPhone (atau iPad/iPod). Anda dapat menemukan opsi ini pada Settings > iCloud > Find My iPhone (iPad/iPod). Untuk mematikan fitur ini, Anda perlu memasukkan password dari Apple ID Anda.

Setelah itu, hubungkan perangkat Anda ke komputer dan jalankan iTunes. Setelah itu, pilih ikon perangkat Anda yang ada di bar di bagian atas. Anda lalu akan menemukan tombol Restore iPhone. Klik tombol ini untuk melakukan reset.



Setelah itu, Anda perlu melakukan konfirmasi sekali lagi sebelum proses ini dijalankan. Metode ini juga akan secara otomatis melakukan pengunduhan versi iOS terbaru ke iPhone Anda.

Satu kelemahan dari melakukan reset menggunakan iTunes adalah karena Anda harus menghubungkan perangkat Anda ke sebuah komputer. Untuk menghapus data pada perangkat Anda secara langsung, Anda perlu masuk ke menu Settings > General > Reset.

Setelah itu, pilih "Erase All Content and Settings". Anda lalu akan diminta untuk memasukkan password Anda. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi bahwa Anda memang ingin menghapus semua data yang ada pada perangkat Anda.

Kedua metode di atas akan menghapus semua data yang ada di perangkat Anda. Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk membersihkan memori perangkat Anda. Selain itu, kedua metode tersebut akan memulihkan kondisi perangkat ke keadaan semula bahkan jika perangkat tersebut telah di-jailbreak.

Jika Anda ingin memulihkan data yang baru saja Anda hapus, atau memasukkan data tersebut ke perangkat baru, Anda cukup kembali masuk ke iTunes dan gunakan data back-up yang ada pada iTunes, yang Anda buat pada langkah awal.


(MMI)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /