Pertengahan 2016, Satelit USD200 Juta BRI Siap Meluncur

Annisa ayu artanti    •    07 Desember 2015 09:06 WIB
bri
Pertengahan 2016, Satelit USD200 Juta BRI Siap Meluncur
Ilustrasi BRI. (FOTO: Ilustrasi Media Indonesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berencana meluncurkan satelit di pertengahan 2016. Dalam pembuatan satelit ini, BRI merogoh kocek sebesar USD200 juta atau sekitar Rp3 triliun.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, membenarkan, bank BUMN ini akan meluncurkan satelit barunya dipertengahan 2016. Saat ini, kesiapan fisik satelit sudah mencapai 98 persen.

"Sekarang kan secara fisik satelitenya sudah hampir jadi, 98 persen sudah hampir jadi," kata Asmawi kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Senin (7/12/2015).

Asmawi menambahkan, saat ini satelit BRI masih dalam tahap percobaan. Setelah itu, satelit akan digabungkan dengan roket dan diterbangkan di Guyana.

"Sekarang tinggal testing aja. Testing ini kita lakukan. Setelah itu kita bawa dari San Fransisco secara fisik kita bawa ke Guyana, nanti akan disatukan dengan peluncur roket," ujar dia.

Pembuatan seluruh pelengkapan satelit ini, lanjut Asmawi, memang tidak dibuat di Indonesia. Satelit dibuat di Amerika Serikat dan roket dibuat di Prancis. Secara keseluruhan, dalam pengadaan satelit ini, BRI mengeluarkan biaya sebesar USD200 juta atau sekitar Rp3 triliun.

"Karena roketnya dibuat di Prancis, satelitnya dibuat di Amerika, ketemunya di Guyana dan diterbangkan bersama-sama. Kalau dalam USD200 juta atau sekitar kurang lebih Rp3 triliun," pungkas dia.


(AHL)


Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough
Jelang Liverpool vs AS Roma

Sebelum Hadapi Liverpool, Skuat Roma Kenang Tragedi Hillsborough

42 minutes Ago

Rombongan tim AS Roma, termasuk jajaran pelatih dan para pemainnya telah tiba di Liverpool pada…

BERITA LAINNYA
Video /