Penjelasan Pemerintah Kota Tangsel soal Kenaikan Dana Hibah

Tri Kurniawan    •    07 Desember 2015 09:13 WIB
tangerang selatan
Penjelasan Pemerintah Kota Tangsel soal Kenaikan Dana Hibah
Benyamin Davnie. Foto: MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Akhir-akhir ini, beredar isu yang sengaja dihembuskan untuk memojokkan pasangan calon kepala daerah Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie. Benyamin menegaskan isu pelanggaran belanja hibah di Pemerintahan Kota Tangerang Selatan tidak berdasar.

Benyamin mengatakan, seharusnya pihak yang memunculkan isu, terlebih dahulu melakukan penelitian dan mengumpulkan data yang akurat. “Tidak berdasarkan asumsi saja,” kata Benyamin, Senin (7/12/2015).

Dia melanjutkan, ketidakakuratan dan minimnya data akan mengakibatkan informasi yang disampaikan menjadi bias. Jika berita bias dikonsumsi masyarakat, akan menimbulkan fitnah yang sangat merugikan pihak tertentu.

Benyamin mengaku bersama pasangannya akan senantiasa mengedepankan etika dan sopan santun, mencerminkan sikap dewasa, menjunjung tinggi prinsip fairness, tidak mencari-cari kesalahan pasangan lain dan tidak menjatuhkan pasangan lain. 

“Pemerinta Kota Tangerang Selatan sangat siap jika ada permintaan untuk menjelaskan secara rinci penggunaan atau penyaluran dana hibah,” tegas Wakil Wali Kota Tangerang Selatan itu.

Sebab, pada dasarnya tidak ada prinsip yang dilanggar oleh Pemerintah Kota. Dalam setiap pengambilan kebijakan termasuk pemberian dan penyaluran belanja hibah, Pemerintah Kota senantiasa menggunakan dan mentaati ketentuan perundang-undangan.

Ketentuan perundang-undangan yang dijadikan pedoman oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam menganggarkan dan menyalurkan dana hibah adalah Peratuan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011 tentang Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD beserta perubahannya dan Peraturan Walikota Nomor 92 tahun 2011 tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban serta Monitoring dan Evaluasi Belanja Hibah dan Bantuan Sosial.

Pada APBD murni tahun 2015, belanja hibah telah dianggarkan sebesar Rp29.658.000.000. Menurut Benyamin, penganggaran dan penyaluran belanja hibah tersebut dilakukan dengan mempedomani ketentuan-ketentuan tersebut.

“Penentuan sasaran atau pihak penerima hibah, dilakukan atas dasar pertimbangan obyektifitas, rasionalitas, keadilan, kepatutan, dan manfaat,” ujar Benyamin.

Terkait usulan kenaikan belanja hibah sebesar Rp75.696.648.518 pada Perubahan APBD 2015, ia menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan amanat dan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota; UU No 8 tahun 2015 tentang Perubahan atas UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota; dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 44 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Dana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Wali Kota beserta perubahannya.

Kenaikan belanja hibah diakomodir melalui Peraturan Wali Kota No. 10 Tahun 2015 yang berisi pengalokasian belanja hibah untuk KPU sebesar Rp60.949.207.318, dan Peraturan Wali Kota No. 22 Tahun 2015 yang berisi pengalokasian belanja hibah untuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum sebesar Rp8.260.736.000 dan untuk Kepolisian dalam rangka pengamanan sebesar Rp7.486.705.200. Peraturan tersebut telah disampaikan ke DPRD, dan saat ini ditampung di dalam Perubahan APBD 2015.

Pada Perubahan APBD 2015, selain KPU, Bawaslu, dan Kepolisian tidak ada penambahan pihak yang akan menjadi penerima hibah. “Satu hal penting yang harus digarisbawahi bahwa semenjak tahap penetapan calon wali kota sampai dengan pelaksanaan pilkada, penyaluran hibah dihentikan,” ujar Benyamin.


(TRK)


Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Babak 1: Saling Balas Gol pada Laga Muenchen vs Madrid

26 minutes Ago

Selain harus kebobolan gol dari Madrid, pasukan Jupp Heycnkes ini juga kehilangan dua pemain me…

BERITA LAINNYA
Video /