BEI: Gejolak Ekonomi Dunia Pengaruhi Pasar Modal Indonesia

Gervin Nathaniel Purba    •    07 Desember 2015 11:22 WIB
pertumbuhan ekonomipasar modalekonomi indonesia
BEI: Gejolak Ekonomi Dunia Pengaruhi Pasar Modal Indonesia
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut situasi dan kondisi perekonomian Indonesia dan pasar modal di tahun ini kurang baik. Untuk itu, paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan pemerintah diharapkan menjadi solusi bagi berbagai macam persoalan agar kembali tumbuh secara maksimal di waktu-waktu mendatang. 

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI Sulistyo Budi menjelaskan situasi dan kondisi perekonomian Indonesia dan pasar modal tidak lepas dari pengaruh gejolak ekonomi dunia. Selain itu, ia menilai, ada tiga faktor yang memengaruhi laju ekonomi di Tanah Air. 

"Satu, perlambatan ekonomi di negara berkembang seperti Tiongkok. Kedua, spekulasi kebijakan yang akan diambil The Fed. Ketiga, penurunan harga komoditas," ujar Sulistyo, dalam sambutannya di acara 'Economic and Capital Market Outlook 2016', di Plaza Bapindo, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Meski ada tekanan dari ekonomi dunia, namun pihaknya menyambut baik sejumlah paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan pemerintah. Bahkan, pihaknya tengah menunggu langkah-langkah selanjutnya dari pemerintah terkait implementasi sejumlah paket kebijakan tersebut.

Lebih dari itu, ia menambahkan, di tengah perlambatan ekonomi sekarang ini BEI terus berupaya memberikan kepercayaan kepada para investor guna terus bertransaksi di pasar modal. "Kami juga terus berkomunikasi dengan para emiten dan calon emiten. Kami sosialisasi ada 19 kantor pewakilan," pungkasnya.


(ABD)


Video /