Kaldu Tulang, Rahasia Tubuh Sehat dan Langsing

Sri Yanti Nainggolan    •    07 Desember 2015 12:04 WIB
kesehatan
Kaldu Tulang, Rahasia Tubuh Sehat dan Langsing
Kaldu tulang berkhasiat untuk kesehatan (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kaldu tulang tengah menjadi primadona di New York Fashion Week tahun ini.

Para fashionista di kota itu mengklaim bahwa kaldu tulang kaya akan asam amino yang mengandung banyak protein, kalsium, dan kolagen. Selain itu, minuman ini juga mampu menyembuhkan nyeri sendi dan membuat kulit, kuku, dan rambut semakin sehat.

Sebuah toko modern di Manhattan menjualnya dalam ukuran cangkir. Minuman ini hanya mengandung 86 kalori per cangkir, sehingga cocok diteguk saat makan siang untuk yang sedang berdiet.

Koki selebritas, Jasmine dan Mellisa Hemsley, yang telah menerbitkan buku memasak The Art of Eating, menyatakan bahwa kaldu tulang cocok dinikmati bersama telur orak-arik.

Cara membuatnya tak sulit. Cukup rebus tulang daging sapi, domba, atau ayam dengan tambahan beberapa bawang, daun bawang, wortel, dan seledri.

Tambahkan satu sendok makan merica, daun salam, dan sejumput cuka sari. Kemudian didihkan hingga 24 jam. Namun ada juga yang berpendapat, untuk kaldu tulang lebih baik direbus delapan jam lebih lama agar protein dalam tulang semakin terpecah.

Namun masih ada pro kontra dalam hal ini. Sian Porter,  juru bicara British Dietetic Association, salah satunya.  

"Kaldu tulang memang mengandung nutrisi, mineral, dan vitamin, tapi dalam jumlah yang cukup rendah. Anda akan mendapatkannya jauh lebih rendah dari makan daging," ujar Porter yang dikutip Daily Mail.

"Secara tradisional, kaldu tulang bagus untuk mengobati pilek, flu, dan masalah pencernaan," kata Laura Tilt, ahli diet terdaftar.


(ROS)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

2 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /