Jerman Tampung 964 Ribu Pengungsi

Willy Haryono    •    07 Desember 2015 17:52 WIB
imigran gelap
Jerman Tampung 964 Ribu Pengungsi
Imigran mengantre untuk memasuki Jerman via perbatasan Austria di dekat Wegscheid, wilayah selatan Jerman, 21 November 2015. (Foto: AFP/DPA/ARMIN WEIGEL)

Metrotvnews.com, Berlin: Jerman telah menampung 964,574 pengungsi terdaftar sejak awal 2015. Ini merupakan komitmen Jerman dalam menjalankan rencana menampung satu juta pengungsi tahun ini. 

Sebanyak 206,101 imigran telah tiba di Jerman pada November lalu, memecahkan rekor dari 181,166 pada satu bulan sebelumnya. 

Menurut data Kementerian Dalam Negeri Jerman, seperti dikutip AFP, Senin (7/12/2015), total jumlah pengungsi saat ini empat kali lebih besar dari 2014. 

Badan Keimigrasian dan Pengungsi Federal Jerman telah berhasil memangkas waktu yang dibutuhkan untuk memproses kedatangan pengungsi. Bila biasanya proses memakan waktu tujuh bulan, kini sudah diperpendek hanya lima. 

"Percepatan proses ini tercapai karena memprioritaskan para pencari suaka dari negara-negara aman (terutama Balkan Barat), dan juga dari negara-negara tidak aman (terutama Suriah)," lapor Kemendagri Jerman.

Data terbaru tidak secara spesifik menyebutkan kewarganegaraan pada imigran. Namun dalam beberapa bulan terakhir, kewarganegaraan Suriah telah mendominasi jumlah pengungsi. 

PBB mengatakan krisis keimigrasian terbaru saat ini adalah yang terburuk sejak berakhirnya Perang Dunia II.


(WIL)


Video /