Mentan Dorong Produktivitas Padi di Pulau Jawa

Eko Nordiansyah    •    07 Desember 2015 18:20 WIB
pertaniankementerian pertaniankementan ads
Mentan Dorong Produktivitas Padi di Pulau Jawa
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kanan) (MI/BARY FATAHILAH)

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat konsumsi beras bagi 250 juta masyarakat bisa dipenuhi dengan mendorong produktivitas padi di Pulau Jawa. Pasalnya, daerah tersebut mendominasi hampir 59 persen sebagai penentu produksi beras nasional.

"Kalau produksi tanam Pulau Jawa selesai maka akan terpenuhi seluruh konsumsi kita. Karena wilayah seperti Aceh, Medan, dan daerah lain sudah duluan hujan sehingga produksinya duluan," kata Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, di Desa Rawakidang, Sukadiri, Tangerang, Senin (7/12/2015).

Dirinya menambahkan, Kementan akan terus berupaya mendorong produktivitas padi di Jawa dengan memberikan bantuan alat pertanian. Bahkan, sarana dan prasarana pertanian pada tahun ini meningkat dari hanya delapan ribu unit pada tahun lalu menjadi 100 ribu unit.

Di samping itu, lanjutnya, Kementan juga mencanangkan peningkatan produktivitas produksi pangan melalui Pencanangan Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu melalui Kegiatan Tanam Serempak dengan harapan akan meningkatkan produksi tanam 2016 menjadi lebih cepat dan lebih banyak.

"Kita akan tingkatkan sarana dan prasarana ini menjadi 200 persen melaui Alsintan. Dengan ini, kita siap menghadapi kondisi apapun. Dengan persiapan matang kami harap tahun depan akan lebih baik," pungkas dia.



(ABD)