Terlunta-lunta karena Kanker Hati

Ahmad Rofahan    •    07 Desember 2015 18:58 WIB
kemiskinan
Terlunta-lunta karena Kanker Hati
Afif Kalyubi, 15, terbaring di rumah bibinya, Senin (7/12/2015). Foto:

Metrotvnews.com, Cirebon: Afif Kalyubi, 15, hanya bisa terbaring lemah di atas sofa di rumah bibinya di Desa Kamarang, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon. Afif divonis menderita kanker hati stadium lanjut. Tubuh Afif kurus, kontras dengan perutnya yang membesar. "Kata dokter penyakitnya kanker hati," kata Suharti, bibinya, Senin (7/10/2015).

Sejak 12 tahun lalu, Afif hidup bersama bibinya. Kedua orang tuanya meninggal karena kecelakaan pada 2003 yang juga melibatkan Afif. Namun, Afif selamat setelah terpental dari sepeda motor. "Saat itu Afif masih berumur tiga tahun," ujar Suharti.

Akibat dari kanker hati yang dideritanya, Afif saat ini sudah tidak bersekolah. Berjalan pun sudah tidak mampu. Pelajar kelas sembilan SMPN Kamarang ini hanya bisa tidur dengan selalu ditemani kipas angin. "Kalau kipasnya nggak nyala, malah nggak bisa tidur. Panas katanya," ujar Suharti.

Ia berharap ada bantuan dari pemerintah untuk pengobatan Afif dengan merujuk ke RS Hasan Sadikin. "Saya pengennya Afif dibawa ke RSHS karena fasilitas di sana lengkap," kata dia.

Kepala Puskesmas Kamarang, Endro Suhendro, mengaku sudah maksimal membantu kesembuhan Afif. Ia sudah merujuk Afif ke dua rumah sakit daerah, yakni RSUD Waled dan RSUD Gunung Jati.

"Tapi memang belum memberikan rujukan ke RSUD Hasan Sadikin (RSUD provinsi). Karena rujukan itu bukan dari Puskemas, melainkan dari RSUD (kabupaten/kota)," kata Endro.

Endro juga menuturkan kesehatan Afif menurun drastis sejak Oktober lalu. Saat sebelum Oktober, Afif masih sempat untuk bersekolah. Endro pun tidak bisa menyimpulkan apakah Afif masih bisa diobati dengan operasi atau tidak. Namun, ia siap membantu memperjuangkan kesembuhan Afif.


(UWA)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

2 days Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /