Pertumbuhan PDB 3 Sektor Ini Capai 5,09% di Kuartal III

Gervin Nathaniel Purba    •    07 Desember 2015 19:47 WIB
ekonomi indonesia
Pertumbuhan PDB 3 Sektor Ini Capai 5,09% di Kuartal III
Pertumbuhan ekonomi indonesia. (ANTARA FOTO, M Agung Rajasa).

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) kategori pertanian, kehutanan, dan perikanan pada kuartal III-2015 sebesar 5,09 persen secara kuartal to kuartal (q to q).

Kepala BPS Suryamin mengatakan jumlah laju pertumbuhan PDB tersebut, terbagi dari laju pertumbuhan sektor pertanian, peternakan, perburuan, dan jasa pertanian sebesar 6,42 persen. Kemudian tercatatnya laju pertumbuhan di sektor perikanan sebesar 2,99 persen.

"Untuk sektor kehutanan dan penebangan kayu tercatat penurunan sebesar 8,36 persen," ujar Suryamin di Kantor Pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Senin (7/12/2015).

Dirinya menjelaskan, fenomena laju pertumbuhan perikanan yang mencapai 2,99 persen ini lantaran didorong oleh dua faktor, pertama adalah musim kemarau yang menyebabkan penanganan pasca panen bagi komoditas hasil perikanan budidaya yang relatif lebih baik.

"Faktor berikutnya adalah cuaca yang kondusif bagi nelayan untuk melaut," tuturnya.

Sedangkan untuk pertumbuhan PDB secara year on year (y on y), pertumbuhan PDB kategori pertanian, kehutanan, dan perikanan pada kuartal III-2015 tumbuh sebesar 3,21 persen (y on y).

Pertumbuhan tersebut terbagi atas meningkatnya pertumbuhan perikanan sebesar 8,37 persen. Diikuit sektor pertanian, peternakan, perburuan, dan jasa pertanian sebesar 2,60 persen. Sedangkan terjadi penurunan pada sektor kehutanan dan penebangan kayu sebesar 2,72 persen.

"Untuk peningkatan sektor perikanan lantaran produksi rumput laut yang berlimpah akibat pengaruh positif kemarau dan adanya diversifikasi komoditas seperti udang vaname yang dibudidayakan di Keramba Jaring Apung Laut serta perluasan demonstration farming (demfarm) ke komoditas kekerangan," jelasnya.


(SAW)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /