Microsoft Siapkan JavaScript Engine Mereka Menjadi Open-Source

Ellavie Ichlasa Amalia    •    08 Desember 2015 06:25 WIB
microsoft
Microsoft Siapkan JavaScript Engine Mereka Menjadi Open-Source
Gaurav Seth, Principal Program Manager Lead, Microsoft, di JSConf US Last Call.

Metrotvnews.com: Beberapa tahun belakangan, Microsoft yang dulunya sangat enggan untuk menjadikan kode yang mereka gunakan sebagai kode open-source, kini mulai berubah. Sekarang, mereka mulai terbuka dengan komunitas open-source.

Beberapa bulan ini, Microsoft telah menjadikan beberapa kode software dan editor kode mereka menjadi open-source. Sekarang, giliran ChakraCore, JavaScript Engine untuk membuat peramban Edge, yang menjadi open-source.

ChakraCore adalah engine yang digunakan untuk mengeksekusi kode JavaScript. Ia dikembangkan dari nol di tahun 2008. ChakraCore merupakan kode utama dari Edge. Meskipun begitu, ia juga digunakan pada berbagai Universal Applications pada Xbox, Windows Phone dan tablet.

ChakraCore akan dapat diakses di GitHub sejak bulan ini. Hal ini berarti, Microsoft memberikan akses pada para pengembang untuk menggunakan kode tersebut pada software buatan mereka.

Dikutip dari The Next Web, bagian yang dapat diakses oleh umum hanyalah rangka utama dari engine tersebut. Jadi, para pengembang tidak akan dapat melihat kode yang menghubungkan Chakra dengan Edge atau Universal Application.

Mulai Januari di tahun depan, Microsoft juga akan membiarkan para pengembang di luar Microsoft untuk memberikan kontribusi pada proyek mereka dengan cara membuat permintaan di GitHub. Nantinya, Microsoft juga akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Microsoft berharap, ChakraCore akan digunakan pada berbagai aplikasi di masa yang akan datang, mulai dari layanan cloud hingga Internet of Things.


(MMI)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /