Keuntungan Memanfaatkan Limbah B3

Pelangi Karismakristi    •    08 Desember 2015 13:14 WIB
lingkungan hidup
Keuntungan Memanfaatkan Limbah B3

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaku industri kini telah merasakan manfaat pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) sebagai substitusi atau pengganti bahan baku. Langkah tersebut terbukti bisa menghemat biaya produksi produk yang dihasilkan.

Salah satu perusahaan yang mengolah limbah B3 yaitu PT Indocement. Dengan memanfaatkan limbah B3, industri semen ini menurunkan lebih dari 20 persen carbon footprint pada setiap semen yang diproduksi.

PT Indocement kini berambisi untuk bisa menyerap seluruh limbah yang dihasilkan. Saat ini, sudah 99,2 persen limbah B3 berhasil diolah sendiri, sedangkan 0,8 persen lainnya diserahkan pada pihak ketiga.

"Kami perusahaan yang sudah apply free development mecanism, dan kami akan tetap mengambil limbah industri yang lain untuk dikonsumsi sebagai bahan baku atau bahan bakar pengganti," papar General Manager PT Indocement Setya Wijaya pada talkshow 8 Eleven bersama Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Tuti Hendrawati Mintarsih dan General Manager Product Innovation PT SCG Readymix Budi Hermanto di Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Jumat (4/12/2015).

Sementara itu, Dirjen PSLB3 Tuti Hendrawati menjelaskan pihaknya rutin memberikan sosialisasi bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tentang pemanfaatan limbah B3. Ia pun selalu memberi contoh pengolahan limbah B3 yang berkiblat pada negara maju yang telah berhasil memanfaatkannya.

"Limbah ini bisa disubstitusikan sebagai bahan baku yang biasa mereka gunakan, dengan ini kan mengurangi cost mereka," tegas Tuti.

Langkah pemerintah dalam mengkampanyekan pemanfaatan limbah B3, mendapat apresiasi dan dukungan dari General manager Product Innovation PT SCG Readymix Budi Hermanto. Sebab, hal tersebut sejalan dengan prinsip perusahaan anakan PT SCG Ready Mix Thailand yang menerapkan sustainable development.

"Sehingga keseimbangan antara lingkungan, sosial dan ekonomi bisa tercapai dengan baik," kata Budi.

Pengolahan limbah B3, lanjut Budi, tidak terlalu mengalami kendala yang besar. Sebab industri semen bukanlah pengelola, namun pemakai limbah sebagai bahan baru di perusahaan.

Pihaknya pun menggandeng beberapa lembaga untuk melakukan riset yang berkaitan dengan temuan yang sudah dilakukan, untuk disesuaikan dengan bahan baku di PT SCG Ready Mix. "Seperti dengan ITB dan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) dalam aplikasi struktur. Tanggapan mereka sangat positif, karena memang melihat bahwa ini ada konstribusi positif dari bagan alternatif untuk produk kami menjadi produk yang lebih baik,"jelas Budi.
 


(NIN)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /