Sidang Novanto Tertutup

Mendagri: Sikap Keras Presiden Harus Dipahami

Dheri Agriesta    •    08 Desember 2015 15:38 WIB
pencatut nama presiden
Mendagri: Sikap Keras Presiden Harus Dipahami
Mendagri Tjahjo Kumolo--Foto: MTVN/Husen Miftahuddin

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meradang dengan tingkah pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden demi memuluskan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo maklum dengan sikap Presiden Jokowi.

"Melihat rekaman secara utuh. Kalau bapak Presiden sampai mengambil sikap yang keras, ya harus dipahami," kata Tjahjo di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/12/2015).

Tjahjo mengatakan, publik memperlihatkan dukungan penuh kepada Presiden dan Wapres. Sikap keras Presiden didukung publik secara luas. Sebab, tindakan pencatutan itu telah melecehkan lambang negara.

Tjahjo melihat sikap Presiden sebagai pelajaran tentang ketegasan bagi publik. Meski memperlihatkan ketegasan, Presiden Jokowi tak mau ikut campur mendesak Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

"Kalau soal ada Kejaksaan Agung, kan apapun dia kan sebagai bagian dari penuntut umum negara," kata dia.

Presiden Joko Widodo bereaksi keras menyaksikan kisruh sidang kasus 'Papa Minta Saham' di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Nama Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla diduga dicatut Ketua DPR Setya Novanto terkait perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Jokowi menyebut proses yang berjalan di MKD harus diamati. Apa pun yang terjadi, lembaga negara, apalagi lembaga kepresidenan sama sekali tidak boleh dipermainkan.

"Saya enggak apa-apa dikatakan Presiden gila, Presiden sarap, Presiden koppig (keras kepala), engak apa-apa. Tapi kalau sudah menyangkut wibawa, mencatut meminta saham 11 persen, itu yang enggak bisa! Ini masalah kepatutan dan kepantasan, masalah etika, moralitas. Itu masalah wibawa negara," tegas Jokowi yang tampak menahan amarah di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Senin 7 November 2015.


(MBM)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /