Google Maps Kini Sediakan Peta dalam Ruangan

Mohammad Mamduh    •    08 Desember 2015 16:14 WIB
google
Google Maps Kini Sediakan Peta dalam Ruangan
Fitu baru Google Indoor Maps

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda menghabiskan banyak waktu untuk mencari sebuah toko di Mal yang baru pertama kali Anda kunjungi?

Atau kebingungan mencari gerbang keberangkatan di bandara padahal pesawat sudah mau lepas landas? Hari ini, Google Maps mencoba memberikan solusi yang lebih mudah dengan meluncurkan fitur Indoor Maps.

Untuk peluncuran perdana di Indonesia, ada 60 tempat populer yang tersebar di 13 kota di Indonesia: mal, bandara, museum, hingga universitas, yang telah mengintegrasikan denah lantainya ke dalam Google Maps.

Bandara Udara Internasional Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town, dan Museum Nasional Indonesia adalah beberapa tempat yang memiliki fitur ini. Dilengkapi navigasi detail per lantai, Indoor Maps akan memudahkan Anda menemukan gerbang, nama toko, ATM, dan toilet misalnya, di saat bantuan meja informasi tidak tersedia.

Denah lantai yang mendetail akan muncul secara otomatis saat Anda melakukan zoom in di gedung atau lokasi di mana fitur Indoor Maps tersedia. Serupa dengan pengalaman saat menggunakan Google Maps, Anda akan melihat “titik biru” yang berkedap-kedip sesuai titik tempat Anda berdiri. Ketika Anda berpindah lantai misalnya, Google Maps akan memperbarui lokasi Anda.

“Kami menyambut baik kesempatan bekerjasama dengan Google dalam meluncurkan Indoor Maps di Indonesia. Dengan jumlah pengguna smartphone yang terus bertambah, hal ini membuka kesempatan lebih besar bagi konsumen untuk menemukan jasa atau bisnis yang mereka butuhkan, begitu pun sebaliknya,” kata Ellen Hidayat, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), DPD DKI Jakarta.

Sepanjang tahun 2015, Google Maps telah memperbarui tiga fitur utama untuk Indonesia. Menjelang musim mudik di bulan Ramadhan, Google Maps memberikan informasi kemacetan secara real time untuk 23 kota di Indonesia.

Fitur lajur dan landmark kemudian diluncurkan di bulan September,  pengguna bisa mendapatkan navigasi suara berdasarkan bangunan fisik yang terlihat mata, seperti “Belok kiri di Bundaran HI”, atau “Ambil lajur kiri di depan Taman Menteng”.

“Dengan liburan akhir tahun sudah di depan mata, kami berharap Indoor Maps akan membuat pengalaman Anda dalam menikmati dan menjelajahi Indonesia lebih menyenangkan lagi,” ungkap Nikhil Vaishnavi Product Manager, Google Maps.

Indoor Maps tersedia bagi semua pengguna Android yang memiliki aplikasi Google Maps versi terbaru. Pemilik bisnis juga bisa mengunggah peta lantai ke Google Maps melalui link ini.


(MMI)

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

1 hour Ago

Ronaldo dan Kane sama-sama mencetak 43 gol sepanjang 2017. Siapakah yang lebih tajam di antara …

BERITA LAINNYA
Video /