KPK Temukan Calon Kepala Daerah yang Sembunyikan Aset

Yogi Bayu Aji    •    08 Desember 2015 16:33 WIB
pilkada serentak
KPK Temukan Calon Kepala Daerah yang Sembunyikan Aset
Plt Pimpinan KPK Johan Budi SP--Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan beberapa calon kepala daerah yang mencoba menyembunyikan asetnya. Hal itu diketahui dari laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN) yang masuk ke KPK.

"Ada beberapa calon hartanya tidak sama dengan yang dilaporkan," kata Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK Johan Budi di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (8/12/2015).

Temuan KPK, lanjut Johan, sudah disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum. Kini semunya ada di tangan Ketua KPU Husni Kamil Manik Cs. "Yang punya keputusan adalah KPU, terserah KPU," jelas dia.

Johan menerangkan, salah satu fokus yang diperhatikan adalah penggunaan APBD dan APBN dalam perjalanan pilkada serentak 2015. KPK, kata dia, mengawasi masalah ini bersama dengan Badan Pengawas Pemilu.

Mantan Deputi Pencegahan KPK itu pun menyarankan seluruh pemilik hak pilih memilih kepala daerah sesuai hati nurani. "Tolak kalau ada pemberian uang," jelas dia.

Pilkada serentak diketahui akan digelar pada 9 Desember besok. Pesta demokrasi itu akan diadakan di tujuh provinsi dan 269 kabupaten/kota.


(MBM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /