Soal Riza Chalid, MKD Akan Kerja Sama dengan Polisi

Al Abrar    •    08 Desember 2015 16:36 WIB
pencatut nama presiden
Soal Riza Chalid, MKD Akan Kerja Sama dengan Polisi
Ketua MKD Surahman Hidayat----Ant/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan segera memanggil pengusaha minyak M. Riza Chalid. Pemanggilan bakal dilakukan setelah kepolisian mengeluarkan hasil uji forensik terhadap rekaman yang kini masih berada di tangan Kejaksaan Agung.

Menurut Ketua MKD Surahman Hidayat, pemanggilan Riza yang dilakukan usai uji forensik buat memudahkan MKD. "Supaya keterangan Riza didasarkan pada rekaman," kata Surahman di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2015).

Surahman menjelaskan, keterangan Riza dibutuhkan MKD untuk mengklarifikasi isi percakapan dalam pertemuan bersama Setya Novanto dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Surahman juga memastikan akan bekerja sama dengan polisi, jika Riza mangkir.

"Saya baca di media, Pak Badrodin sudah menunggu. Dia tunggu kapan MKD minta tolong," ujar Surahman.

Terpisah, Kepala Sekretariat MKD Cholidah Indriyana menyatakan sampai saat ini, pihaknya belum pernah melayangkan panggilan terhadap Riza Chalid untuk memberikan kesaksian di persidangan etik Setya Novanto. Surat panggilan urung dikirim lantaran pihaknya tidak memiliki alamat Riza.

"Bagaimana mau datang, pemanggilan pertama saja belum ada," ungkap Cholidah.

Riza disebut Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin selaku pihak yang menginisiasi pertemuan di Lantai 21 Hotel Ritz-Carlton, SCBD, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan tersebut, Riza mengundang Maroef dan Ketua DPR Setya Novanto.

Riza pula yang menyebut nomine 20 persen saham PT Freeport diberikan buat presiden dan wakil presiden. Sementara, Novanto berusaha meyakinkan Maroef, jika dirinya bisa mengurus perpanjangan kontrak melalui Luhut Binsar Pandjaitan, yang kala itu menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Maroef dan Novanto sudah diperiksa Mahkamah. Sidang Maroef dilakukan terbuka, sementara sidang Novanto digelar tertutup. Adapun Riza sudah tak di Indonesia saat hendak dimintai keterangan.


(TII)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /