Tokoh Lintas Agama Serukan Pilkada Damai

Ilham wibowo    •    08 Desember 2015 16:41 WIB
pilkada serentak
Tokoh Lintas Agama Serukan Pilkada Damai
Din Syamsuddin. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah tokoh lintas agama menyerukan pilkada damai dan bermutu. Pilkada serentak untuk pertama kali ini menjadi momentum untuk perbaikan bangsa.

Tokoh agama yang berharap pilkada damai, yakni Ketua Walubi Suhadi Sendjaja, Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indoensia Uung Sendana L. Lingaraja, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat Nyoman Udayana Sangging, Ketua Majelis Ulama Indonesia Yusnar Yusuf, Din Syamsuddin, Waksekjen Walubi Philip K. Widjaja, dan Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia Rudy Pratikno.

"Kami berharap pilkada ini berlangsung aman, lancar, damai bermutu, dan bermartabat," kata Presidium Forum Tokoh Lintas Agama Din Syamsuddin di Jalan Kemiri 24, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2015)

Din mengatakan, masyarakat harus mengetahui latar belakang calon kepala daerah yang akan dipilih. Penting mempunyai pemimpin yang memiliki kemampuan mensejaterakan masyarakat, tidak tercela, dan tidak melanggar nilai moral.

Menurut Din, pemimpin harus memiliki visi misi untuk membagun kemajuan. Pemimpin adalah figur yang bisa mengayomi seluruh elemen masyarakat. "Harus bisa menjadi pemimpin untuk semua," ujar Din.

Dia juga berharap masyarakat memiliki rasa tanggung jawab dengan ikut hadir di tempat pemungutan suara dan memilih pemimpin. Masyarakat harus mandiri dalam memilih serta tidak terpengaruh iming-iming pasangan calon.

Din mengatakan, masyarakat jangan terjebak pengelompokan sehingga segala kemungkinan yang membawa perpecahan bisa dihindari. Kepada para calon kepala daerah, Din berharap mengedepankan sikap kenegarawanan.

"Harus siap menang harus siap kalah. Kita hadapi (pilkada) dengan penuh kegembiraan sesuai hak asasi masing-masing," tambahnya.

Pilkada akan digelar serentak di 269 daerah pada Rabu 9 Desember.


(TRK)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /