Panwaslu Dalami Laporan Bagi-bagi Sarung Bergambar Rasiyo-Lucy

Amaluddin    •    08 Desember 2015 16:41 WIB
pilkada serentak
Panwaslu Dalami Laporan Bagi-bagi Sarung Bergambar Rasiyo-Lucy
Sarung bergambar Rasiyo-Lucy beredar di masa tenang Pilkada Surabaya 2015, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Surabaya, Jawa Timur, mengaku sudah mendapat laporan soal bagi-bagi sarung tenun bergambar Rasiyo-Lucy Kurniasari. Laporan itu masih dalam tahap pengembangan di Panwaslu tingkat kecamatan.

"Kasusnya masih diproses oleh Panwascam Tenggilis, masih dalam pengembangan," kata Komisioner Panwaslu Surabaya, M Safwan, Selasa (8/12/2015).

Pria yang kepergok membagi-bagikan sarung itu bisa terkena ancaman hukum pidana sesuai Pasal 187 UU No 1 tahun 2014. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa setiap orang yang memberi atau menerima sesuatu melebihi batas yang ditentukan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 74 ayat (5), dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) bulan atau paling lama 24 (dua puluh empat) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp200 juta (dua ratus juta rupiah) atau paling banyak Rp1 miliar.

"Itu kalau memang terbukti pidana," kata Safwan.

Sementara Rasiyo-Lucy yang gambarnya ditemukan pada sarung tersebut tak mendapat sanksi pidana. Hanya saja, ungkap Safwan, pasangan calon nomor urut 1 Pilkada Surabaya itu terancam kena sanksi moral dari masyarakat.

Sebelumnya, warga memergoki seorang pria membagikan sarung yang mencantumkan gambar Rasiyo-Lucy di bagian depan. Selain Kecamatan Tenggilis, pembagian sarung pun ditemukan di Kutisari, Genteng, dan Wiyung. Bagi-bagi sarung dilakukan saat Pilkada Surabaya dalam masa tenang. Sementara pelaksanaan pencoblosan berlangsung pada 9 Desember 2015.


(RRN)

Mourinho Kagumi Bek Benfica
Liga Champions 2017--2018

Mourinho Kagumi Bek Benfica

2 hours Ago

Kesetiaan Luisao membuat pelatih Manchester United Jose Mourinho kagum. Ia memuji penampilan be…

BERITA LAINNYA
Video /