Kopi Samosir Miliki Citarasa yang Kompleks

Sri Yanti Nainggolan    •    08 Desember 2015 17:54 WIB
kuliner
Kopi Samosir Miliki Citarasa yang Kompleks
Kopi Samosir. (foto:MTVN/Yanti N.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai macam jenis kopi berkualitas dan memiliki aroma yang khas di Nusantara. Namun, kopi Samosir dari Sumatera Utara memiliki keunikan tersendiri dalam proses memasaknya.

Perbedaan yang jelas terlihat dari kopi Samosir adalah pada proses pengeringan. Dalam proses ini, kulit ari pada kopi biasanya langsung dibuang setelah kering. Namun di Samosir, belum sempat mengering, cangkang kopi sudah diambil. Setelah itu, biji kopi kembali dikeringkan.

"Proses itu membuat rasa semakin berkembang dan lebih otentik," ujar Vanda Puspa, pakar kopi saat ditemui di pembukaan Caribou Coffee Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Menurutnya, kopi ini memiliki rasa herbal dan lebih berat saat diminum. "Kopi Sumetera ini lebih earthy, dan heavy. Tak bisa digantikan oleh kopi lain," tambah wanita yang sudah 12 tahun bergelut di dunia kopi ini.

Kopi Sumatera memang terkenal dengan rasanya yang kompleks. Di Sumatera Utara, terdapat tiga daerah penghasil kopi terbaik, yaitu Lintongnihuta, Mandailing, dan Sidikalang. Semuanya memiliki ciri khas kopi masing-masing.


(LOV)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

18 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /