Menkeu Optimistis Penerimaan Pajak Capai Target

Annisa ayu artanti    •    09 Desember 2015 08:50 WIB
pajak
Menkeu Optimistis Penerimaan Pajak Capai Target
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih optimistis dengan target pencapaian penerimaan pajak sebesar 85 persen.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan sampai akhir November masih nenunjukkan tren positif. Bahkan Desember ini, trennya akan lebih tinggi dibandingkan November lalu yang berada di posisi 68 persen atau sekitar Rp845,4 triliun.

Menurutnya, perhitungan seluruh penerimaan pajak biasanya akan dilakukan Desember. Adapun melihat tren saat ini, Bambang meyakini penerimaan pajak bisa naik 1,5 kali dari November sekitar Rp160,5 triliun.

"Biasanya 1,5 kali dari November (kenaikannya). November itu kita dapat Rp107 triliun untuk pajak saja. Kemudian kalau 1,5 persennya sekitar Rp160 triliun," kata Bambang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa, 8 Desember.

Sedangkan target penerimaan pajak 85 persen sekitar Rp1.058 triliun. Artinya, lanjut Bambang, untuk mencapai target akhir tahun sebanyak 85 persen, penerimaan pajak masih kurang Rp58 triliun lagi.

Bambang menegaskan, hal itu bisa digenjot dengan cara merevaluasi aset beberapa perusahaan BUMN yang sudah masuk pemeriksaan.

"Kita harus kejar ekstra Rp58 triliun lagi. Rp58 triliun itu ya revaluasi beberapa BUMN lapor akan segerakan bayar. Hasil pemeriksaan tadi," ucap dia.

Saat ditanyai perusahaan mana saja, Bambang tidak menyebutkan, dirinya tidak hafal nama-nama perusahaan tersebut.

"Adalah tidak hafal saya. Kan tiap hari ada transaksi," pungkas dia.


(AHL)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /