Rusia Tuduh Turki Lintasi Perbatasan Irak Tanpa Izin

Sonya Michaella    •    09 Desember 2015 09:19 WIB
rusia
Rusia Tuduh Turki Lintasi Perbatasan Irak Tanpa Izin
Dewan Keamanan PBB (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Duta Besar Rusia untuk PBB mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB (DK PBB) bahwa Turki bertindak ceroboh dengan mengirimkan pasukan melintasi perbatasan Irak tanpa persetujuan dari pemerintah.
 
"Tindakan Turki adalah cerminan dari kurangnya legalitas oleh koalisi internasional yang tanpa persetujuan dalam serangan udara di Suriah," kata Vitaly Churkin kepada Washington Post, Rabu (9/12/2015).
 
Dia menyatakan penyesalannya bahwa dewan tidak setuju pada usulan Rusia untuk mengeluarkan pernyataan penegasan kembali perlunya menghormati hukum internasional.
 
"Begitu juga dengan menghormati kedaulatan dan menyerukan persatuan negara-negara untuk melawan ekstremis Islamic State (ISIS)," lanjutnya.
 
Duta Besar Irak untuk PBB Mohamed Alhakim mengatakan, bahwa Baghdad dan Ankara sedang berupaya memecahkan permasalahan secara bilateral. 
 
"Saya pikir itu akan sangat baik," ujarnya.
 
Hubungan antara Turki dan Rusia memburuk setelah jet tempur Negeri Beruang Merah, ditembak oleh pihak Turki. Turki berdalih bahwa jet itu melintasi wilayah udara mereka, sementara Rusia mengatasi jet tempurnya masih berada di wilayah udara Suriah.
 
Presiden Rusia Vladimir Putin terus adu mulu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Perdebatan antara keduanya membuat hubungan kedua negara terus memanas dan menjurus saling ancam.



(FJR)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /