Dubes RI: Komentar Tony Abbott Terhadap Islam Tidak Membantu

Sonya Michaella    •    09 Desember 2015 17:31 WIB
australia
Dubes RI: Komentar Tony Abbott Terhadap Islam Tidak Membantu
Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema (Foto: AAP)

Metrotvnews.com, Canberra: Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema mengkritik keras komentar mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott tentang Islam harus direformasi.
 
Menurut Nadjib, komentar Abbott itu sangat tidak membantu dan memecah belah. Selain menyebut Islam harus direformasi, Abbott juga mangatakan Islam perlu memodernisasi lingkungannya.
 
"Ini adalah waktu bagi semua bangsa untuk bersatu mengalahkan momok terorisme," kata Nadjib, seperti dikutip APP, Rabu (9/12/2015).
 
"Bualan retorika tentang superioritas budaya dan agama malah tidak membantu dan memecah belah," tegasnya.
 
Nadjib juga mendorong kerja sama yang erat antara Indonesia dan Australia dalam bidang terorisme. "Sangat penting bagi kita termasuk masyarakat multikultural Australia dan Indonesia untuk menjaga fokus pada upaya menciptakan solusi jangka panjang guna menantang ekstremisme kekerasan yang kita hadapi," ujar Nadjib.
 
Lebih lanjut ia mengatakan ekstremisme kekerasan adalah tantangan umum untuk semua agama.
 
Dalam suratnya yang dipublikasikan di tabloid News Corps dan Sky News, Abbott yang ditendang oleh partainya dari kursi perdana menteri mengatakan, "Islam tidak pernah menjalani reformasi versinya sendiri dan pencerahan ataupun menerima pluralisme seperti pemisahan gereja dengan negara.
 
Secara tersirat, Abbott mendesak agar budaya lain didesak untuk setia kepada Australia dan menghormati kebudayaan Barat. Bagi Abbott semua pihak harus siap untuk mengumandangkan superioritas yang jelas dari budaya Barat terhadap budaya lain yang menjustifikasi pembunuhan atas nama Tuhan.
 
Abbott menambahkan, Muslim merupakan satu-satunya pihak yang bisa mencegah dukungan atas kekerasan.  Dia pun mendorong agar Muslim merebut kembali keyakinan mereka dari pihak yang telah membelokan ajaran. 



(FJR)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /