BKPM Soroti Pasokan Listrik untuk Investasi Smelter

Ade Hapsari Lestarini    •    09 Desember 2015 18:07 WIB
bkpm
BKPM Soroti Pasokan Listrik untuk Investasi <i>Smelter</i>
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal mencermati pasokan listrik untuk investasi pemurnian mineral (smelter) yang merupakan salah satu industri strategis.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyampaikan pentingnya ketersediaan listrik ini untuk merealisasikan minat investasi dari industri pemurnian mineral tersebut. Investor smelter yakni PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dan PT Titan Mineral Utama di Bantaeng menyampaikan bahwa pasokan listrik dijamin oleh PLN, serta beberapa pembangkit listrik yang ada disekitar lokasi seperti PLTU Jeneponto 2 x 125 MW.

"Ketersediaan listrik merupakan salah satu komponen utama dalam mendukung kegiatan pemurnian mineral ini. Dalam kunjungan BKPM ke 80 perusahaan geliat investasi salah satu kendala terbesar adalah listrik belum siap. Di Bantaeng listrik sudah siap," ujarnya, dalam siaran persnya, Rabu (9/12/2015).

Menurut Franky, dari hasil komunikasinya dengan perusahaan, PLN telah menyiapkan pasokan listrik dengan kapasitas terpasang 900 MW terdiri dari 2 X 300 MW dan 2 x 150 MW.

"Untuk 2016 yang telah siap adalah tambahan 300-400 MW masuk ke jaringan. Ini positif karena masuknya pasokan listrik tersebut akan mendukung rencana-rencana realisasi perusahaan," paparnya.

Selain pasokan listrik dari PLN, PT Titan Mineral Utama juga berencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap dan mengharapkan pembangunan tersebut dapat masuk ke revisi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL). "Perusahaan juga menyampaikan bahwa akan lebih baik bila transmisi terkoneksi antara Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Pembangkit listrik lainnya yang juga berpotensi untuk mendukung investasi smelter dan masuk ke jaringan transmisi listrik adalah PLTA Poso 350 MW (efektif 110 MW). "Smelter ini penting karena meningkatkan nilai tambah mineralnya. Jadi contohnya kalau memproduksi stainless steel itu yang tertinggi bisa meningkatkan nilai tambah hingga 200 kali lipat," ungkapnya.


(AHL)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /