Ambon Diguncang Lindu 6,9 SR

Antara    •    09 Desember 2015 18:55 WIB
gempa
Ambon Diguncang Lindu 6,9 SR
Ilustrasi. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Ambon: Kota Ambon dan sekitarnya diguncang lindu atau gempa berkekuatan 6,9 skala Richter (SR) pada Rabu, 9 Desember, sekitar pukul 17.21 WIT. Kejadian ini membuat panik masyarakat.

Data yang dihimpun Antara di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa berada di 99 kilometer tenggara Kabupaten Maluku Tengah. Gempa tidak menimbulkan tsunami.

Guncangan gempa yang terasa kuat dan cukup lama itu membuat masyarakat panik dan berlarian keluar rumah maupun bangunan. Mereka yang berada di hotel berlarian melalui tangga maupun lift  karena khawatir terjadi gempa susulan.

Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo-Australia dan Eurasia. Lempeng Indo-Australia masuk ke bawah Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Daerah-daerah rawan gempa di Maluku di antaranya bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram dan Buru. Sedangkan, pusat patahan di antaranya berada di Laut Ambon dan Seram Bagian Barat.



(UWA)


Indra Sjafri Masih Menunggu Ezra, Egy, dan Saddil

Indra Sjafri Masih Menunggu Ezra, Egy, dan Saddil

2 days Ago

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, optimistis bisa mendatangkan Ezra Walian (Almere),…

BERITA LAINNYA
Video /