Matchday 6 Liga Champions (Grup G)

Preview Chelsea vs Porto: Tuan Rumah Cuma Butuh Satu Poin!

Achmad Firdaus    •    09 Desember 2015 19:06 WIB
liga champions
<i>Preview</i> Chelsea vs Porto: Tuan Rumah Cuma Butuh Satu Poin!
Striker Chelsea, Diego Costa saat berduel dengan bek FC Porto, Maicon pada ajang Liga Champions (Foto: AP Photo/Paulo Duarte)

Metrotvnews.com, London: Chelsea hanya butuh satu angka untuk bisa menyelamatkan karier mereka di Liga Champions musim ini. Satu angka tersebut akan coba dikejar Jose Mourinho saat timnya menjamu FC Porto di Stamford Bridge pada matchday pamungkas penyisihan Grup G, Kamis dini hari nanti WIB.

Dengan dukungan penuh pendukungnya, Chelsea diyakini tidak akan sulit mencari hasil imbang melawan Porto. Akan tetapi, jika merujuk pada pertemuan sebelumnya di Portugal, Chelsea pantas mawas diri.

Kala itu, Chelsea dipaksa takluk 2-1 saat bertamu ke Estadio Do Dragao. Gol Andre dan Maicon hanya mampu dibalas satu gol oleh Willian.

Sekadar informasi, saat ini Chelsea duduk di puncak klasemen dengan koleksi 10 poin, unggul selisih gol dari FC Porto (10), dan Dynamo Kiev (8), dan Maccabi Tel Aviv di dasar klasemen dengan poin 3.

Untuk laga nanti, Porto memang punya peluang lolos jika hanya bermain imbang melawan Chelsea. Namun, mereka juga harus berharap di pertandingan lain Dynamo Kiev gagal meraih kemenangan atas Maccabi Tel Aviv. Jika Kiev menang, maka, Porto lah yang akan tersingkir.

Mengapa demikian? Jika skenario di atas terjadi, maka ketiga tim ini akan memiliki poin sama, yakni 11 poin. Rekor head to head ketiganya juga tidak bisa dijadikan rujukan karena saling mengalahkan --Chelsea kalah head to head dari Porto, Porto kalah head to head dari Kiev, dan Kiev kalah head to head dari Chelsea.

Dengan kondisi demikian, maka selisih gol menjadi poin yang akan digunakan untuk menentukan siapa yang berhak lolos ke babak 16 besar.

Chelsea yang saat ini memiliki selisih gol (+8) dipastikan bakal lolos jika imbang lawan Porto. Sementara Kiev (+3) akan mendampingi Chelsea lolos jika menang melawan Maccabi (selisih golnya otomatis bertambah). Sedangkan Porto dipastikan harus turun kasta ke Liga Europa jika imbang melawan Chelsea. Pasalnya, selisih gol mereka tidak akan bertambah.

Tak ingin skenario di atas terjadi, pelatih Porto Julen Lopetegui memastikan timnya bakal tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan. Mengakhiri rekor buruk di Stamford Bridge adalah misi lain yang akan diusung Porto. Diketahui, Porto belum pernah meraih kemenangan dalam tiga kunjungan terakhirnya.

Namun, kini peluang untuk menang cukup terbuka lantaran saat ini Chelsea sedang dalam grafik yang kurang bagus. Dari 10 laga yang mereka mainkan di Stamford Bridge, The Blues sudah menelan empat kekalahan. Teranyar, Chelsea dipermalukan klub promosi Liga Primer Inggris, AFC Bournemouth, akhir pekan lalu.

Jika mampu bermain fokus dan disiplin, bukan tak mungkin Porto bakal mampu menjungkalkan Chelsea di kandangnya.

Di lain kubu, pelatih Jose Mourinho sadar betul timnya hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos. Jadi, kemungkinan pelatih asal Portugal ini tidak akan terlalu mengambil risiko. Skema defensif sepertinya akan jadi pilihan, sambil mencari celah lewat serangan balik untuk merebut kemenangan.

Namun, menurunkan skema bertahan tentunya memiliki risiko Chelsea kalah. Mourinho tentunya sadar jika kalah, Chelsea berpotensi mengikuti jejak Manchester United yang sebelum sudah harus lebih dulu menerima kenyataan harus turun kasta ke ajang Liga Europa. So, strategi apa yang akan dimainkan Mou nanti? Kita tunggu saja.

Prakiraan Susunan Pemain
Chelsea:
Courtois; Ivanović, Zouma, Cahill, Azpilicueta; Matić, Fàbregas, Ramires, Hazard; Oscar, Costa.
Porto: Casillas; Maxi Pereira, Marcano, Maicon, Layún; Danilo, Rúben Neves, Herrera; André André, Brahimi, Aboubakar.

Head to head:
(30/09/15) Liga Champions: Porto 2 - 1 Chelsea
(26/11/09) Liga Champions: Porto 0 - 1 Chelsea
(16/09/09) Liga Champions: Chelsea 1 - 0 Porto
(07/03/07) Liga Champions: Chelsea 2 - 1 Porto
(22/02/07) Liga Champions: Porto 1 - 1 Chelsea
(07/12/04) Liga Champions: Porto 2 - 1 Chelsea
(29/09/04) Liga Champions: Chelsea 3 - 1 Porto

5 Pertandingan Terakhir
Chelsea: K, S, M, M, K
FC Porto: M, M, M, K, M

Prediksi Metrotvnews.com: Chelsea 50 - 50 FC Porto


(ACF)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

10 hours Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /