Emas Dunia Naik Usai USD Melemah

   •    10 Desember 2015 11:27 WIB
harga emas
Emas Dunia Naik Usai USD Melemah
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB), didukung oleh dolar Amerika Serikat (USD) yang melemah.

Mengutip Antara, Kamis 10 Desember, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik sebanyak 1,2 atau 0,11 persen menjadi menetap di USD1.076,50 per ounce.  Emas mendapat dukungan karena Indeks Dolar AS turun 1,03 persen menjadi 97,39 pada pukul 18.00 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

Fitur perdagangan hari ini volume rendah dan tidak ada berita, karena tidak ada laporan ekonomi utama yang dirilis. Pasar masih dalam proses mencerna kenaikan suku bunga yang diharapkan pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Desember.

Namun demikian, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga Desember telah mencapai 85 persen, menurut alat Fedwatch CMEGroup. Peningkatan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga.

Perak untuk pengiriman Maret bertambah 7,3 sen atau 0,52 persen menjadi ditutup pada USD14,189 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik USD19,3 atau 2,28 persen menjadi ditutup pada USD865,80 per ounce.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /