Bangun Pelabuhan Kecil, Pelindo III Terus Berusaha Dikucuri PMN

Annisa ayu artanti    •    10 Desember 2015 12:05 WIB
pelindo
Bangun Pelabuhan Kecil, Pelindo III Terus Berusaha Dikucuri PMN
Ilustrasi. (FOTO: Antara/Hermanus Prihatna)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus berusaha mendapatkan dana dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1 triliun untuk membangun beberapa pelabuhan kecil di Indonesia.

Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, mengungkapkan jika pembangunan pelabuhan-pelabuhan kecil tidak bankable sehingga tidak bisa mendapat pinjaman melalui bank. Dari hal tersebut, diharapkan untuk pembangunan pelabuhan bisa dilakukan melalui dana PMN.

"Ini (pelabuhan kecil) kan tidak bankable. Sehingga saya tidak bisa dapat pinjaman untuk bangun. Artinya saya harus kumpulkan uang dulu," kata Djarwo, dalam acara Sinergi BUMN Untuk Transformasi Indonesia, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Lebih lanjut, Djarwo menyebutkan empat di antara sembilan pelabuhan kecil yang akan dibangun tersebut yakni Kalabahi, Waingapu, Bima, dan Kotabaru. Saat ini, pembangunan pelabuhan-pelabuhan ini masih tertunda lantaran menunggu dana pembangunan.

"Pelabuhan ini kan harus menunggu. Makanya diusahakan dapat PMN," ungkap dia.

Djarwo pun akan mengusahakan dana sebesar Rp1 triliun yang berasal dari PMN. Menurutnya, dengan mendapatkan dana tersebut, pembangunan pelabuhan-pelabuhan tersebut akan lebih cepat dibangun dan bisa memicu kegiatan ekonomi antarpulau.

"Yang Rp1 triliun itu, kemarin kami coba dari PMN, itu kita tujukan ke Pelabuhan kecil untuk bisa cepat dibangun. Karena saya berfikir kalau pelabuhan ini cepat dibangun konektivitasnya semakin baik, itu juga akan memicu kegiatan ekonomi yang lain," jelas dia.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

8 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /