Pemprov Jatim Manfaatkan Media Sosial Tangkal Korupsi

Amaluddin    •    10 Desember 2015 12:06 WIB
pemerintahan
Pemprov Jatim Manfaatkan Media Sosial Tangkal Korupsi
Gubernur Soekarwo menyalami pelajar peserta acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia, 10 Desember 2015, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Perkembangan komunikasi via sosial media dapat menjadi hal yang positif. Penggunanya, bahkan anak-anak muda, dapat memanfaatkan fasilitas itu untuk menangkal korupsi yang 'menyerang' Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi sedunia di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis 10 Desember. Lantaran itu, komitmen bersama menangkal korupsi dapat memanfaatkan sistem teknologi dan informasi.

"Kita semua sepakat kontrol pelayanan publik bisa dilakukan dengan media sosial," kata gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Ia mencontohkan pelayanan publik seperti jalan rusak, trotoar tak memadai, atau lampu padam. Pakde Karwo mengharapkan anak-anak muda dan masyarakat melaporkan pelayanan tersebut melalui media sosial.

Hal yang sama pun dapat diterapkan pada monitoring dan evaluasi birokrasi di pemerintahan. Sehingga, warga dapat mengawasi kinerja pemimpin di daerah masing-masing.

‎Pemprov Jatim, kata Pakde Karwo, membangun sistem online informasi dan teknologi. Sistem bertujuan melacak hasil kerja beberapa instansi misal Samsat, Jembatan Timbang, Sistem Lelang dengan e-procurement (E-proc). 

‎Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji menegaskan korupsi musuh semua masyarakat Indonesia. Ia pun menyatakan dukungan pada strategi pemerintah memberanguskan korupsi.

Kurang lebih 1.400 orang menghadiri acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Mereka berasal dari kalangan pelajar SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, forum pimpinan daerah, hingga kepala SKPD.

Enam mahasiswa dan pelajar membacakan Deklarasi Pelajar Antikorupsi dalam acara tersebut. Pengacara Taufik, Didit, dan notaris Hartono Wibowo pun mengucapkan sumpah Pengusaha Antisuap di acara yang sama.
 


(RRN)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

37 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /