62 TPS Gelar Pemungutan Suara Ulang

Achmad Zulfikar Fazli    •    10 Desember 2015 13:33 WIB
pilkada
62 TPS Gelar Pemungutan Suara Ulang
Warga melintas di depan spanduk imbauan tolak politik uang di Pasar Musi, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, kemarin.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 62 tempat pemungutan suara (TPS) menggelar pemungutan suara ulang. Banyak masalah di puluhan TPS itu, di antaranya adanya pemilih ganda dan pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali.

"Harus diulang karena kami nilai pelanggarannya berat, terutama di Kabupaten Yalimo (Papua)," kata anggota Bawaslu Nasrullah saat dikonfirmasi, Kamis (10/12/2015).

Nasrullah mengatakan, kotak suara untuk 51 TPS di Kabupaten Yulimo raib dirampas pasangan calon nomor urut 1. Otomatis daerah itu tidak bisa melaksanakan pilkada serentak, kemarin.

Di Kabupaten Sumba Timur, ditemukan ketidakcocokkan antara jumlah surat suara terpakai dan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih. Jumlah surat suara sebanyak 621 lembar, sedangkan pemilih yang memakai hak suara 430 orang. Namun, setelah dihitung semua surat suara terpakai dan tak terpakai, jumlahnya lebih satu: 622 lembar.

Pencoblosan ulang juga terjadi di dua TPS di Kabupaten Rokan Hilir. Di dua TPS itu ditemukan pemilih ganda. Di Kabupaten Kepulauan Meranti ada satu TPS yang menggelar pemungutan suara ulang karena ada pemilih yang mencoblos dua kali.

Selanjutnya, pemungutan suara ulang juga terjadi di Kabupaten Oku Timur. Terdapat satu TPS yang harus menggelar pemungutan suara ulang karena jumlah DPT tidak sama dengan jumlah kertas suara yang digunakan. "Jumlah DPT 22 tapi pada saat penghitungan suara, jumlah kertas suara 24," kata dia.

Di Kota Tangerang Selatan terdapat satu TPS karena adanya dua pemilih yang tidak terdaftar di TPS, tapi ikut mencoblos. Kabupaten Belu terdapat satu TPS lantaran adanya dua orang pemilih asal Malaka mencoblos dengan undangan pemilih milik orang lain.

Selain itu, pemungutan suara ulang juga terjadi pada satu TPS di Kabupaten Manggarai. Terdapat dua masalah yang terjadi di Kabupaten Manggarai.

Pertama, adanya empat pemilih yang memilih lebih dari 1 kali di TPS yang sama dengan menggunakan undangan pemilih orang lain. Kedua, adanya dua orang yang tidak terdaftar dalam DPT tetapi berhasil mencoblos dengan undangan pemilih orang lain.

Kabupaten Poso terdapat satu TPS lantaran adanya pemilih yang memilih dua kali. Dan, di Kabupaten Halmahera Timur terdapat satu TPS yang haruis menggelar pemungutan suara ulang, karena adanya tujuh pemilih yang ternyata memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di wilayah lain.

"Di Denpasar ada juga seseorang yang menyuruh enam orang buruh untuk menggunakan hak suaranya di TPS yang tidak sesuai," pungkas dia.


(ICH)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

20 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /