Pilkada Serentak 2015

PAN Klaim Menang di 140 Daerah

M Rodhi Aulia    •    10 Desember 2015 14:35 WIB
pilkada serentak
PAN Klaim Menang di 140 Daerah
Zulkifli Hasan (tengah). Foto: MTVN/M. Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Amanat Nasional mengklaim memenangkan pilkada di 140 daerah. Di pilkada serentak perdana ini, PAN mendukung 254 pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

"Ini berdasarkan data hitung cepat dan hasil input data tim pilkada PAN per 10 Desember, pukul 08.00 WIB," kata Ketua Umum PAN Zulkfili Hasan di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2015).

Kemenangan itu tersebar di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Untuk provinsi, kata Zulkfili, PAN memenangkan calon gubernur dan wakil gubernur di Jambi, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Kalimantan utara, dan Sulawesi Tengah.

Untuk tingkat kabupaten dan kota, PAN memenangkan 134 pasangan calon. Kemenangan di 140 daerah tak lepas dari keputusan PAN berkoalisi dengan partai lain. Dari jumlah itu, PAN menempatkan 50 kader sebagai kepala daerah dan atau wakil kepala daerah.

"Di daerah lain belum tentu kami kalah," ujar Zulkifli.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, PAN membuktikan sebagai partai pro-kaum perempuan. Dari 140 pasangan calon yang didukung PAN, terdapat 28 calon pemimpin perempuan.

"21 dari 28 tersebut adalah kader PAN," ujar Viva.

PAN bersyukur, pelaksanaan pilkada serentak pertama kali secara nasional ini berlangsung aman, tertib, lancar, dan nyaman. Kondisi itu menunjukkan masyarakat Indonesia semakin dewasa dan memahami kehidupan berdemokrasi.

"Perbedaan pilihan tidak menghalangi terciptanya soliditas dan persatuan untuk membangun kelembagaan demokrasi di Indonesia," imbuh Zulkifli.


(TRK)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

3 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /