Pulangkan 186 WNI Tak Berdokumen, KJRI Penang Kerahkan Pesawat

Fajar Nugraha    •    10 Desember 2015 16:15 WIB
wni
Pulangkan 186 WNI Tak Berdokumen, KJRI Penang Kerahkan Pesawat
WNI yang dipulangkan dari Malaysia (Foto: Dok.KJRI Penang)

Metrotvnews.com, Bayan Lepas: Sebanyak 179 Warga Negara Indonesia (WNI) undocumented dan overstayer (TKIU/WNIO) dipulangkan dari Penang, Malaysia ke Tanah Air. Konsulat Jenderal RI di Penang pun mengerahkan pesawat.

179 WNI dipulangkan menggunakan pesawat charter yang akan diberangkatkan dari Bandara International Penang ke Jakarta pukul 19:40 waktu Penang.

Sementara 7 orang lainnya akan dipulangkan menggunakan pesawat komersial yang dijadwalkan berangkat pukul 20:35 pada malam yang sama.

TKI yang dipulangkan tersebut merupakan tahanan imigrasi di penjara Juru, Penang; Belantik, Kedah; Juru, Perlis serta TKI yang berada dalam perlindungan Konsulat di Shelter KJRI Penang. Para TKI yang dipulangkan terkait kasus tanpa dokumen dan melewati masa izin tinggal.

"Kegiatan hari ini bagian perlindungan. Negara hadir pada masyarakat Indonesia di perantauan. Doakan lancar?" Kata Pejabat FUngsi Konsuler KJRI Penang, Sofiana Mufidah, kepada Metrotvnews.com, Kamis (10/12/2015).

"Masalah TKI seperti gunung es. Bisa bermasalah saat pelatihan, pemberangkatan calo, agen, majikan, tapi tidak sedikit warga kita yang sengaja nekat. Konsulat mengimbau dan mendorong sebanyak-banyaknya warga Indonesia yang bekerja di Malaysia untuk mematuhi aturan hukum setempat," sebut Konjen RI Penang, Taufiq Rodhy.

Pemulangan WNI dari Penang ini merupakan bagian dari pemulangan sebanyak 759 orang WNI dari Malaysia ke Indonesia hari ini, 10 Desember 2015. Dipulangkannya 759 WNI, maka seluruh jumlah WNIO/TKIU yang telah dipulangkan KBRI Kuala Lumpur menjadi sebanyak 1.278 orang.


(FJR)

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini
Liga Champions 2017--2018

Hasil Lengkap Liga Champions Hari Ini

22 minutes Ago

Pertandingan lanjutan penyisihan grup Liga Champions musim ini kembali digelar, Rabu 22 Novembe…

BERITA LAINNYA
Video /