TOD Lebak Bulus Tak Masuk RTRW 2030

Intan fauzi    •    10 Desember 2015 16:17 WIB
mrt
TOD Lebak Bulus Tak Masuk RTRW 2030
Kawasan Lebak blus yang akan dijadikan Depo MRT. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ternyata tidak memasukkan sistem integrasi angkutan umum atau Transit Oriented Development (TOD) Lebak Bulus dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) 2030. Pemprov DKI hanya memasukkan TOD Dukuh Atas, Manggarai, Harmoni, dan Grogol.
 
"Memang tidak masuk rencana tata ruang 2030. Tapi ini (buku rencana) bukan kitab suci, bisa diubah," kata Kepala Sub Bidang Perhubungan dan Transportasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Yudi Douglas di Kantor Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).
 
Ia mengungkapkan, ada beberapa syarat untuk menentukan suatu lokasi cocok atau tidak dijadikan TOD. Di antaranya, adanya perpotongan dua atau lebih moda transportasi, ada pusat aktivitas perdagangan, pendekatan desain, dan memprioritaskan pejalan kaki.

Namun dalam studi Japan International Cooperation Agency (JICA), ada model pemanfaatan Lebak Bulus sebagai TOD. Lokasi tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan.
 
“Wacana TOD muncul karena berdasarkan hasil studi JICA, lokasi Lebak Bulus sangat disayangkan kalau tidak dikembangkan. Ada depo MRT, TransJakarta, akses luas. Sayang kalau tidak dijadikan kawasan yang bermanfaat,” ujarnya.
 
Pemerintah DKI Jakarta akan mempertimbangkan usulan pembangunan TOD Lebak Bulus. "Secara posisi sangat memungkinkan," kata Yudi.
 
Seperti diketahui, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi, Sutanto Soehodho berencana menjadikan Lebak Bulus sebagai pusat integrasi angkutan umum di Ibu Kota. Pemprov DKI akan menerapkan sistem TOD untuk mengintegrasikan semua angkutan umum dengan depo MRT.
 
Pengintegrasian angkutan umum diharapkan dapat memacu penggunaan MRT. "Kalau tidak diintegrasikan, saya khawatir MRT tak beroperasi optimal," ujar Sutanto.
(FZN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /