Dana Bansos Dominasi Kasus Korupsi di Jawa Timur

Muhammad Khoirur Rosyid    •    10 Desember 2015 17:04 WIB
kasus korupsi
Dana Bansos Dominasi Kasus Korupsi di Jawa Timur
Foto: Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Jatim, Kombes pol Wibowo (tengah), Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (kiri)/Ant_Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepolisian Daerah Jawa Timur mengklaim telah mengungkap 91 kasus tindak pidana korupsi selama 2015. Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur AKBP Sudamiran mengatakan, sebanyak 40 kasus di antaranya merupakan kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial.

"Modus dari kasus bansos ini dengan pemalsuan data penerima bantuan. Bahkan, ada bantuan yang tidak sampai ke penerima," kata AKBP Sudamiran, di Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (10/12/2015).

Sudamiran mengatakan, kerugian keuangan negara dari kasus dugaan korupsi dana bansos itu bervariasi. Total uang negara yang hendak diselamatkan jajaran Polda Jawa Timur dalam kasus dugaan korupsi dana bansos sebesar Rp500 juta.

"Perkara bansos sebagian sudah ada yang P21. Sebagian lagi masih didalami penyidik tapi sudah ada tersangkanya," ujar dia.

Selain bansos, kasus korupsi lain berupa korupsi barang dan jasa. Namun, kata Sudamiran, jumlah barang dan jasa tak sebanyak kasus korupsi bansos. Dijelaskan dia, kasus korupsi barang dan jasa ini modusnya pelaksanaan lelang yang tidak sesuai prosedur.

"Saat pelaksanaan di lapangan juga banyak yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan pengurangan volume," kata dia.


(TTD)

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma
Jelang Atletico vs AS Roma

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma

3 hours Ago

Atletico Madrid butuh kemenangan agar asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Akan tetapi, …

BERITA LAINNYA
Video /