KPU Belum Tahu Partisipasi Pemilih Tinggi atau Rendah

Achmad Zulfikar Fazli    •    10 Desember 2015 17:53 WIB
pilkada serentak
KPU Belum Tahu Partisipasi Pemilih Tinggi atau Rendah
Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay--MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum dapat memastikan apakah jumlah partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 tinggi atau rendah. Pasalnya, hingga saat ini proses rekapitulasi masih terus berjalan mulai dari tingkat Kecamatan hingga KPU Provinsi.

Menurut Komisioner (KPU) Hadar Nafis Gumay, jika ada sejumlah lembaga survei yang menilai tingkat partisipasi Pilkada rendah, itu bukanlah angka pasti. Sebab, KPU sebagai penyelenggara sampai saat ini belum menerima jumlah keseluruhan tingkat partisipasi dari 264 daerah yang menggelar Pilkada.

"Angka partisipasi banyak laporan. Tapi sebenarnya apa yang kami catat atau kami punya angkanya belum ada, kalau ada itu baru sebagian, hanya berdasarkan TPS tertentu dan desa tertentu. Jadi belum ada data dan angka secara lengkap," kata Hadar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).

Sejauh ini, sambung Hadar, angka tingkat partisipasi yang sudah diketahuinya baru Sumenep dan Ngawi, Jawa Timur, karena telah selesai melakukan rekapitulasi hingga 100 persen.

Berdasarkan data yang diperoleh, tingkat partisipasi di Sumenep mencapai 70, 43 persen, terdiri dari 67,60 persen pemilih laki-laki dan 73,12 persen pemilih perempuan.

Sedangkan, di Ngawi tingkat partisipasinya sebesar 74,40 persen, terdiri dari 70,93 persen pemilih laki-laki dan 77,62 persen pemilih perempuan.

"Tapi kalau dikumpulkan secara lengkap kami belum bisa katakan hasilnya, kami belum bisa mengeluarkan secara resmi tingkat partisipasi tiap daerah," ujar dia.

Menurut Hadar, bagi masyarakat yang ingin mengetahui tingkat partisipasi dalam Pilkada 2015, dapat melihatnya dalam situs resmi Pilkada 2015 yakni pilkada2015.kpu.go.id. "Bisa dilihat di situ semua, daerah-daerah mana saja yang sudah masuk data rekapitulasinya," pungkas dia.


(YDH)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

42 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /