Transportasi DKI Tertinggal, Kadishub Salahkan Lembaga Negara

Intan fauzi    •    10 Desember 2015 17:55 WIB
lrt
Transportasi DKI Tertinggal, Kadishub Salahkan Lembaga Negara
Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendengarkan penjelasan maket proyek LRT dari Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan. (Foto:Antara/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tertinggalnya sistem transportasi Jakarta dibanding Ibu Kota negara lain karena tidak ada sinergi antarlembaga pemerintah. Kebijakan kementerian kerap bersebrangan dengan pemerintah daerah.
 
Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah mengatakan, transportasi Jakarta tak hanya terhambat oleh perilaku pengendara dan pengusaha, tetapi juga lembaga pemerintahan yang mengutamakan kepentingan tertentu.
 
"Kalau saya menganggap inilah inti dari semua permasalahan (transportasi Jakarta)," kata Andri di Kantor Dewan Transportasi Kota Jakarta, Jalan Suryopranoto, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).
 
Andri menceritakan, pembangunan trase untuk light rail transit (LRT) masih terganjal. Masalahnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah saling menjunjung kepentingan masing-masing.
 
"Menentukan trase saja sampai sekarang belum beres. Tarik-tarikan, yang ini mau di sini, dari kementerian di sini, Pemda di situ. Jangan terlalu banyak masukan lah, tidak jadi-jadi," kata Andri.
 
Andri menjelaskan, penentuan titik-titik trase seharusnya dilakukan oleh Dinas Tata Kota dan Kementerian Perhubungan. Kontraktor tidak perlu dilibatkan berunding.
 
"Terserah PT Adhi Karya (BUMN) mau PT Jakpro (BUMD), tugas mereka hanya bangun. Sekarang antara Kemenhub dengan Pemda putuskan trasenya lewat mana, modelnya seperti apa," ujarnya.
 
Andri menegaskan, untuk menertibkan transportasi Ibu Kota tak perlu banyak pihak terlibat. Keberanian melakukan eksekusi tanpa memetingkan keuntungan kelompok tertentu menjadi kunci utama.
 
"Banyak sekali kepentingan, padahal kalau mau ikhlas tidak ribet pengerjaannya. Mau transportasi bagus, keren modern, harus legowo,” tegasnya.


(FZN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /