Pertumbuhan Produksi Pangan di Atas 2%

Ahmad Mustaqim    •    10 Desember 2015 17:59 WIB
pangan
Pertumbuhan Produksi Pangan di Atas 2%
Foto ilustrasi. (Ant/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengklaim produksi pangan utama masih menunjukkan peningkatan secara nasional. Tiap tahun produksi pangan utama tumbuh di atas dua persen.

Yang termasuk pangan utama antara lain, padi, jagung, kedelai, daging sapi, dan gula. Berdasarkan pencatatan Bappenas, sepanjang 2004-2014, produksi padi meningkat 3,05 persen, jagung (7,04 persen), kedelai (2,74 persen), daging sapi (2,21 persen), dan gula (2,43 persen).

"Rata-rata peningkatan pada 2004-2014 berada di atas dua persen. Ini menunjukkan keberhasilan kinerja produksi pangan nasional di tengah-tengah ancaman dampak negatif perubahan iklim dan juga tantangan semakin terbatasnya lahan pertanian, khususnya sawah," kata Pelaksana tugas Kasubdit Pangan/Peternakan, Direktorat Pangan dan Pertanian, Bappenas, Anwar Sunari.

Anwar menyampaikan itu dalam forum "Kerentanan, Ketahanan Pangan, dan Politik Perlindungan Sosial di Indonesia" di Auditorium Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan (PSKK) UGM, Kamis 10 Desember. 

Anwar tidak menampik jika di tengah meningkatnya jumlah produksi itu pemerintah masih melakukan impor pangan. Namun, menurutnya, impor pangan itu hanya bersifat situasional. 

Impor pangan yang pemerintah lakukan merupakan langkah terakhir ketika produksi pangan dalam negeri belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi. "Misalnya, padi atau beras dan daging sapi untuk konsumsi rumah tangga dan stabilisasi harga, jagung untuk industri pakan ternak, kedelai untuk industri tahu tempe, dan gula untuk industri rafinasi," kata dia. 

Isu pembangunan kedaulatan pangan masih menjadi tantangan pemerintah di tahun-tahun ke depan. Pembangunan kedaulatan pangan yang dilakukan pemerintah pun belum terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik. Masalah lain yang dihadapi ialah makin menipisnya sumber daya alam, ditambah lagi dengan dampak perubahan iklim. 

Yang perlu diperhatikan ke depan adalah peningkatan aspek produksi. Juga soal stabilisasi harga pangan hingga mitigasi gangguan ketahanan pangan. "Serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha pangan menjadi bagian dari tujuan kedaulatan pangan," pungkasnya.


(SAN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

21 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /