Jalur Cikajang-Pameungpeuk Garut Masih Rawan Longsor

Antara    •    10 Desember 2015 18:43 WIB
tanah longsor
Jalur Cikajang-Pameungpeuk Garut Masih Rawan Longsor
Foto: Petugas menggunakan alat berat menyingkirkan tanah longsor di Kabupaten Garut, Jawa Barat/Ant_Feri Purnama

Metrotvnews.com, Bandung: Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, menyatakan sepanjang jalur mulai dari Kecamatan Cikajang-Pameungpeuk, Kabupaten Garut, rawan tanah longsor dan pohon tumbang pada musim hujan.

"Sekarang memasuki musim hujan, jalur ini sangat rawan longsor," kata Pelaksana Balai Pengelolaan Jalan wilayah 4, Dinas Bina Marga Jawa Barat, Rosa saat dihubungi Antara, Kamis (10/12/2015).

Ia menyebutkan beberapa titik yang sering longsor pada musim hujan mulai dari Batu Tumpang hingga Neglasari atau sepanjang jalan kawasan Cigugur sampai Cisompet. Terakhir longsor di jalur itu, kata dia, di kawasan Badega kilometer 100+700 dan Garung kilometer 119+100 Desa Neglasari, Kecamatan Cikajang, Rabu (9/12/2015).

"Lokasi longsor itu bekas lokasi longsor pada tahun lalu," kata dia.

Akibat longsor itu, kata Rosa, arus lalu lintas jalur selatan menghubungkan Cikajang dengan Pameungpeuk tersendat. Longsoran tanah yang menutup jalan itu sudah dibersihkan menggunakan alat berat.

"Satu alat berat diturunkan untuk mengangkut longsoran tanah. Kendaraan sekarang sudah bisa melaju dua arah," kata dia.

Upaya mengatasi longsor di jalur provinsi itu, kata Rosa, pihaknya telah menyiapkan dua alat berat untuk menyingkirkan material longsor yang menutup jalan.

"Dua alat berat kami siapkan untuk mengantisipasi terjadinya longsor di jalan itu, kami juga selalu melakukan pemeliharaan pohon yang rawan tumbang," ujar dia.

Ia mengimbau pengendara yang melintasi jalur selatan itu untuk lebih waspada dan hati-hati terutama saat turun hujan dan malam. "Kewaspadaan harus lebih ditingkatkan lagi, apalagi sekarang curah hujan tinggi, jadi kemungkinan potensi longsor tinggi," pungkas dia.


(TTD)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /